kumparan
24 Agustus 2019 3:27

Sempat Tertinggal, Dortmund Bawa Tiga Poin dari Markas Koeln

Jadon Sancho merayakan gol ke gawang Koeln bersama Thorgan Hazard, Paco Alcacer, dan Julian Brandt. Foto: Reuters/Wolfgang Rattay
Borussia Dortmund harus tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya sukses memetik kemenangan 3-1 atas tuan rumah Koeln dalam pertandingan pekan ke-2 Bundesliga di RheinEnergieStadion, Sabtu (24/8/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Gol Koeln dicetak Dominick Drexler pada menit ke-29. Setelah itu Jadon Sancho menyamakan skor pada menit ke-70, Achraf Hakimi membalikkan keadaan pada menit ke-86, dan Paco Alcacer memantapkan kemenangan Dortmund pada masa injury time babak kedua.
Dengan hasil ini Dortmund untuk sementara memuncaki klasemen Bundesliga dengan raihan enam angka. Sedangkan, Koeln yang menelan kekalahan kedua terjebak di urutan ke-14 tanpa satu pun poin.
***
Wajah-wajah baru yang didatangkan Dortmund pada bursa transfer musim panas ikut ambil pada pertandingan ini. Thorgan Hazard, Nico Schulz, dan Mats Hummels turun sejak menit awal. Sedangkan, Julian Brandt diparkir di bangku cadangan.
Meski kedatangan cukup banyak nama baru, pakem dasar 4-2-3-1 ala Lucien Favre tetap dipertahankan. Marco Reus menjadi pusat serangan yang beroperasi di antara dua gelandang dan striker Paco Alcacer. Mereka menghadapi Koeln yang turun dengan formasi 4-4-2.
ADVERTISEMENT
Meski bertindak sebagai tamu, Dortmund tetap tidak tampak canggung. Mereka sukses mengalirkan bola dengan cepat dan lancar untuk mendominasi penguasaan bola. Yang jadi persoalan, Koeln tampil rapat di belakang. Dortmund pun kesulitan untuk menciptakan peluang bersih.
Kesulitan itu membuat Dortmund jadi seperti kehilangan akal. Celaka bagi mereka, Koeln mampu membaca situasi dengan baik. Mendekati menit ke-30 mereka menggencarkan serangan ke pertahanan Dortmund yang juga tampak kalang kabut.
Serangan-serangan Koeln itu pun tak sia-sia. Setelah melakukan bombardir yang kandas di kaki para pemain belakang tim tamu, Koeln mendapat sepak pojok pada menit ke-29. Di situlah mereka mampu mencuri gol lewat sundulan Dominick Drexler, memanfaatkan umpan Ellyes Skhiri.
Di sisa waktu yang ada Dortmund terus berupaya menyamakan skor, salah satunya lewat tendangan bebas Hazard. Akan tetapi, upaya-upaya tersebut tak menemui hasil. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk Koeln.
ADVERTISEMENT
Pada babak kedua keadaannya tidak berubah. Dortmund yang memang punya pemain lebih berkualitas masih mampu mendominasi penguasaan bola. Namun, Koeln yang bermain di depan pendukungnya sendiri tidak mau menyerah begitu saja. Narasi besarnya kira-kira seperti itu.
Dominick Drexler (kiri) merayakan gol untuk Koeln yang dicetaknya ke gawang Dortmund. Foto: AFP/Uwe Kraft
Dortmund pun mampu menciptakan sejumlah peluang emas, seperti lewat Paco Alcacer yang tembakan jarak dekatnya diblok dengan baik oleh Timo Horn. Lalu, setelah melakukan pergantian pemain pada menit ke-62, mereka mendapat kans lain dari aksi Brandt yang masuk menggantikan Julian Weigl.
Namun, keberuntungan memang seakan-akan tak berpihak pada mereka. Dortmund bahkan harus kebobolan lagi tak lama sesudah itu lewat kaki Jhon Cordoba memanfaatkan bola muntah halauan Roman Buerki. Untungnya, gol dianulir wasit karena Cordoba sudah terjebak offside.
ADVERTISEMENT
Usaha Dortmund baru berbuah hasil pada menit ke-70 ketika Jadon Sancho menyamakan skor. Menerima sepak pojok pendek dari Hazard, pemain asal Inggris itu meneruskannya dengan tendangan melengkung yang bersarang telak di pojok atas gawang Horn.
Gol Sancho itu kian membakar semangat Dortmund. Hasilnya, empat menit jelang bubaran mereka berbalik unggul. Umpan silang Lukasz Piszczek dari sisi kanan berhasil ditanduk Achraf Hakimi yang berlari sampai ke mulut gawang. Dortmund pun unggul 2-1.
Setelah itu Koeln sempat berusaha keras menyamakan kedudukan tetapi pada masa injury time mereka justru kembali kebobolan. Lewat serangan balik cepat, Dortmund mencetak gol lewat Alcacer yang memanfaatkan sodoran dari Sancho. Laga ditutup dengan kemenangan 3-1 untuk Die Borussen.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan