Bola & Sports
·
13 Oktober 2020 14:42

Sensasi kontra Bolivia di Ketinggian 3.000 Meter: Neymar Pernah Sesak Napas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sensasi kontra Bolivia di Ketinggian 3.000 Meter: Neymar Pernah Sesak Napas (11094)
Timnas Bolivia di Stadion Hernando Siles, di La Paz, Bolivia. Foto: David Mercado/REUTERS
Argentina akan menghadapi Bolivia di Estadio Hernando Siles, Rabu (13/10) dini hari WIB. Ini adalah laga matchday kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL.
ADVERTISEMENT
Lionel Scaloni selaku pelatih Albiceleste mengakui bahwa laga ini penuh tantangan. Pasalnya, Lionel Messi dan kolega bakal bermain di stadion yang terletak di La Paz, Bolivia, dengan ketinggian mencapai 3.650 meter di atas permukaan laut, daerah tertinggi di bumi.
"Tenggelam, semua pemain akan serasa tenggelam kalau bermain di sini. Kami akan melakukan segalanya sebisa mungkin," katanya, dilansir Goal International.
"Kami harus menggunakan segala senjata yang kami miliki. Kami harus mencoba menghilangkan kecemasan. Kami memiliki persiapan yang cukup untuk datang ke sini dan berada di ketinggian 3.000 meter. Semakin banyak kami menguasai bola akan semakin baik," jelasnya.

Stadion Bolivia ini pernah bikin Neymar engap

Sensasi kontra Bolivia di Ketinggian 3.000 Meter: Neymar Pernah Sesak Napas (11095)
Neymar, andalan Brasil. Foto: REUTERS/David Gray
Estadio Hernando Siles memang stadion kontroversial karena letaknya yang berada di ketinggian. Pemain timnas negara mana pun kerap mengeluh jika harus bertandang ke sana.
ADVERTISEMENT
Main di ketinggian memang membikin napas sesak. Benar kata Scaloni, ibaratnya seperti tenggelam di lautan.
Salah satu kejadian yang paling viral adalah beredarnya foto Neymar dan rekan-rekannya di Timnas Brasil mengenakan masker oksigen jelang laga Brasil vs Bolivia pada 5 Oktober 2017. Hasilnya, 'Tim Samba' cuma main imbang di laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 itu.
"Tidak manusiawi bermain dalam kondisi seperti ini, lapangan, ketinggian, bola.. semuanya buruk. Namun, kami bahagia atas penampilan tim, meski dengan kondisi seperti ini!" keluh Neymar di Instagram.

Bagaimana FIFA memandang Estadio Hernando Siles?

Sensasi kontra Bolivia di Ketinggian 3.000 Meter: Neymar Pernah Sesak Napas (11096)
Stadion Hernando Siles, di La Paz, Bolivia. Foto: Shutter Stock
Pada Mei 2007, FIFA melarang pertandingan internasional di atas 2.500 meter. Sebulan setelahnya, mereka meralatnya, menyesuaikan batasnya menjadi 3.000 meter.
Akhirnya, aturan tersebut dicabut pada Mei 2008. Makanya, Estadio Hernando Siles tetap bisa dipakai untuk laga-laga internasional hingga saat ini.
ADVERTISEMENT

Apakah ada event sepak bola akbar digelar di Bolivia?

Sensasi kontra Bolivia di Ketinggian 3.000 Meter: Neymar Pernah Sesak Napas (11097)
Bolivia National Team. Foto: Getty Images
Ada. Bolivia pernah dua kali menjadi tuan rumah Copa America. Pertama, pada 1963, Bolivia menjadi juara usai melakoni format kompetisi yang seperti format liga berisi 7 negara. Mereka menjadi pemuncak klasemen di akhir kompetisi.
Ada dua stadion yang dipakai: Estadio Hernando Siles dan Estadio Felix Capriles yang terletak di Cochabamba, kawasan pegunungan Andes.
Kedua, pada 1997, Bolivia menjadi runner up. La Verde kalah 3-1 dari Brasil di partai final yang diselenggarakan di Estadio Hernando Siles.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.