kumparan
search-gray
Bola & Sports18 Maret 2020 4:53

Sepak Bola Italia Belum Berhenti Perangi Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
Sepak Bola Italia Belum Berhenti Perangi Virus Corona (1289016)
Ilustrasi Serie A di tengah wabah corona. Foto: Reuters/Massimo Pinca
Terhitung pada Rabu (18/3/2020) dini hari WIB, 2.503 orang di Italia sudah kehilangan nyawa akibat virus corona dan jumlah kasus aktif masih berada di atas 26 ribu. Sepak bola pun tidak tinggal diam.
ADVERTISEMENT
Sejak wabah corona mulai mengganas di Italia, berbagai donasi sudah diberikan oleh mereka yang terlibat di sepak bola. Parma, Inter Milan, AC Milan, dan Juventus sudah bergerak dengan cara mereka masing-masing.
Meski demikian, penyebaran virus corona di Italia masih juga belum dikendalikan. Itulah mengapa, aksi solidaritas dari sepak bola pun belum berhenti.
Sepak Bola Italia Belum Berhenti Perangi Virus Corona (1289017)
Lorenzo Insigne mengecup emblem Napoli usai membobol gawang Fiorentina. Foto: Reuters/Daniele Mascolo
Lorenzo Insigne, misalnya, sudah menyumbangkan 100 ribu euro untuk memerangi corona di region Campania pada 13 Maret lalu. Kemudian, para veteran Piala Dunia 2006 juga telah melakukan penggalangan dana untuk kepentingan yang sama.
Pada Selasa (17/3/2020), giliran AS Roma dan Fiorentina yang bergerak. Setelah presiden klub James Pallotta menyumbangkan 50 ribu euro, kini Roma sendiri memberi donasi berupa 13 ribu masker medis dan 120 botol pembersih tangan berukuran 500 ml.
ADVERTISEMENT
Total donasi Roma sendiri bernilai 250 ribu euro dan semuanya diwujudkan dalam bentuk alat-alat kesehatan. Pada pekan depan, 12 ribu masker medis tambahan, beserta 1.500 masker FFP3, juga akan menyusul.
Sementara itu, Fiorentina telah menyumbangkan 250 ribu euro kepada dua yayasan berbeda, yaitu Yayasan Careggi dan Yayasan Santa Maria Nuova Onlus. Dua yayasan ini mengelola dua rumah sakit di Firenze.
Donasi juga telah diberikan oleh eks presiden AC Milan yang juga merupakan mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi. Berlusconi menyumbangkan 10 juta euro untuk membangun 400 unit perawatan intensif baru di Milano.
Sumbangan 10 juta euro juga datang dari Keluarga Agnelli yang merupakan pemilik Juventus. Selain uang, Keluarga Agnelli juga mendonasikan 150 respirator (alat bantu pernapasan) yang akan disebar ke berbagai rumah sakit di Piemonte.
ADVERTISEMENT