kumparan
18 Januari 2020 7:32

Shin Tae-yong: Fisik Jadi Masalah Utama Timnas U-19

Witan Sulaeman, POTRAIT
Gelandang Timnas U-19, Witan Sulaeman. Foto: Dok. PSSI
Jumat (17/1/2020) jadi hari terakhir seleksi tahap pertama Timnas U-19 Indonesia. Seiring dengan itu, Shin Tae-yong selaku manajer pelatih Timnas Indonesia mulai mengendus masalah utama skuat 'Garuda Muda'. Hal tersebut berkaitan dengan fisik pemain.
ADVERTISEMENT
Shin sebetulnya sudah mengetahui problem ini sejak hari pertama. Itulah mengapa pada latihan hari-hari berikutnya, aspek fisik menjadi salah satu yang paling dia dan tim pelatih Timnas U-19 perhatikan.
Terlebih, sebagian besar pemain memang baru saja kembali dari libur panjang usai kompetisi musim lalu berakhir. Seiring berjalannya waktu, aspek tersebut pun dinilai Shin berangsur-angsur membaik.
“Sebelum dan sesudah melihat pemain berlatih, pemikiran saya berbeda. Setelah bersama saya, kemampuan mereka sangat bagus dari hari pertama hingga saat ini," tutur Shin, dilansir laman resmi PSSI.
"Mereka mengalami peningkatan di segi kemampuan, stamina, dan fisik mereka,” sambung eks juru taktik Korea Selatan tersebut.
Seleksi pemain timnas Indonesia U-19
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Meski mengalami peningkatan, Shin belum merasa puas. Dia menilai bahwa hal tersebut masih perlu diperbaiki lagi. Oleh karena itu, pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand, bakal tetap menjadi ajang bagi dirinya untuk membenahi fisik pemain.
ADVERTISEMENT
“Masalah paling besar memang aspek fisik. Itu yang harus kami benahi ke depannya nanti saat pemusatan latihan berikutnya. Kemampuan mereka memang lebih bagus daripada kondisi fisik,” papar pelatih berusia 50 tahun itu.
Shin sudah memastikan pemain mana saja yang mengikuti pemusatan latihan di Thailand. Dari 53 nama, 28 di antaranya dipastikan ikut serta. Shin berencana mengumumkan daftar lengkapnya pada Sabtu (18/1) ini.
Nama-nama yang kelak terpilih sendiri bakal dipersiapkan untuk unjuk aksi di Piala AFF U-19 beberapa bulan mendatang. Agenda Piala Asia U-20 2019 dan Piala Dunia U-20 setahun berikutnya juga akan menjadi fokus skuat 'Garuda Muda' tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan