kumparan
14 Januari 2020 16:44

Shin Tae-yong Masih Pegang Komando Timnas U-19

Shin Tae-yong, POTRAIT
Shin Tae-yong. Foto: AFP/ Jung Yeon-je
Pemusatan latihan Timnas U-19 Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020), terbilang ramai. Tidak cuma ramai karena ada 51 pemain yang diseleksi, tetapi juga karena banyaknya pelatih dan pejabat PSSI yang hadir.
ADVERTISEMENT
Pemusatan latihan tersebut bak parade. Pejabat teras PSSI, macam Sekjen Ratu Tisha Destria dan Ketua Umum Mochamad Iriawan, ikut hadir. Tidak ketinggalan, hadir juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.
Ini masih ditambah kehadiran Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, beserta stafnya: Gong Oh-kyun, Lee Jae-hong (pelatih fisik), dan Kim Hae-woon (pelatih kiper). Mereka melengkapi sederet pelatih lokal seperti Indra Sjafri, Nova Arianto, dan Sahari Gultom yang ikut memantau latihan.
Di antara banyaknya pelatih itu, Shin masih menjadi "bos"-nya. Keterangan PSSI menyebutkan, selain menjadi pelatih Timnas Indonesia, pria asal Korea Selatan itu juga menjadi 'manajer pelatih'.
Dengan jabatan yang disebut terakhir itu, Shin memayungi pelatih-pelatih yang menangani Timnas Indonesia di level junior --mulai dari Timnas U-19 hingga Timnas U-23. Dengan begitu, pelatih-pelatih di dua kelompok umur itu punya kewajiban melapor kepada Shin.
ADVERTISEMENT
Seleksi pemain timnas Indonesia U-19
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Iriawan juga sudah membeberkan struktur kepelatihan di Timnas Indonesia. Ia menyebut, Gong Oh-kyun bakal memimpin Timnas U-19 dengan dibantu oleh Nova Arianto.
Namun, menyebut Gong sebagai pelatih Timnas U-19, tidak sepenuhnya tepat. Menurut Lee Jae-hong, saat ini Timnas U-19 masih dipegang oleh Shin. Gong hanya menjadi kepanjangan tangan Shin di tim tersebut.
“Bukan dia (Gong Oh-kyun). Media-media salah memberitakan,” kata Lee.
Pernyataan Lee dikuatkan oleh Indra Sjafri yang ditemui terpisah.
“Ya, semua masih sama-sama (ikut melatih). Belum ada pembagian,” ujar Indra.
Shin sendiri mendapatkan tugas yang tidak mudah. Selain memimpin Timnas Indonesia, ia juga diminta memperhatikan Timnas U-19, yang akan bermain pada Piala Dunia U-20 2021.
Sebelum tampil di Piala Dunia U-20, Timnas U-19 bakal berlaga di Piala Asia U-20 pada Oktober mendatang. Shin pun mendapatkan tanggung jawab untuk menyusun program yang tepat untuk Timnas U-19.
ADVERTISEMENT
Sebelum berlaga di Piala Asia U-20, Timnas U-19 akan melakukan pemusatan latihan di Chiang Mai, Thailand, pada 20 Januari. Timnas U-19 juga akan beruji coba dengan klub lokal Thailand plus tim-tim asal Korea Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan