Bola & Sports
·
16 Oktober 2020 15:47

Shin Tae-yong Tak Miskin Strategi, Ini 3 Skema yang Siap Dipakai Timnas U-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Shin Tae-yong Tak Miskin Strategi, Ini 3 Skema yang Siap Dipakai Timnas U-19 (96394)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Ferry Adi/kumparan
Selama menangani Timnas Korea Selatan, Pelatih Shin Tae-yong nyatanya memiliki banyak variasi strategi. Lantas, akankah itu diterapkan juga kepada Timnas U-19?
ADVERTISEMENT
Skuat 'Garuda Muda' sudah menjalani sepuluh rangkaian uji tanding di Kroasia. Dari seluruh pertandingan tersebut, Shin tampak saklek dengan pakem dasar 4-4-2.
Kendati begitu, Pelatih asal 'Negeri Gingseng' tersebut sudah memberi isyarat bakal memberi perubahan pada skuat Timnas U-19 di laga selanjutnya melawan Bosnia & Herzegovina pada Selasa (20/10) mendatang.
Jika melihat komposisi pemain saat ini, rasa-rasanya skema 3 gelandang dan 3 penyerang dalam pola 4-3-3 menjadi paling masuk akal. Terlebih, formasi ini merupakan warisan Pelatih Timnas U-19 terdahulu, Fakhri Husaini.
Menilik rekam jajak Shin sebelumnya, Pelatih yang satu ini ternyata memiliki banyak variasi strategi ketika menangani Timnas Korea Selatan.
Berangkat dari hal tersebut, berikut kumparan paparkan 3 formasi andalan Shin yang bisa diterapkan di Timnas U-19. Silakan disimak.
ADVERTISEMENT

4-3-3

Shin Tae-yong Tak Miskin Strategi, Ini 3 Skema yang Siap Dipakai Timnas U-19 (96395)
Pemain Timnas U-19 saat bersiap menghadapi Makedonia Utara di Kroasia. Foto: Instagram/@pssi
Sejauh ini formasi 4-3-3 menjadi yang paling memungkinkan untuk diterapkan pada skuat Timnas U-19. Kendati begitu, formasi ini ternyata kurang bersahabat dengan Pelatih Shin Tae-yong.
Per-statistik Transfermarkt, Shin pernah menggunakan formasi ini untuk Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Kala itu, ia harus takluk dari Swedia dan Meksiko. Shin justru berhasil mengalahkan tim raksasa, Jerman, di laga terakhir babak grup setelah meninggalkan formasi tersebut.
Namun, 'kesialan' itu mungkin tak berlaku bagi Timnas U-19. Pasalnya, skuat 'Garuda Muda' sudah tak asing dengan skema tersebut.
Tahun lalu, dengan formasi itu, Timnas U-19 berhasil ke luar sebagai jawara grup di ajang Kualifikasi Piala Asia U-19.

4-2-3-1

Shin Tae-yong Tak Miskin Strategi, Ini 3 Skema yang Siap Dipakai Timnas U-19 (96396)
Timnas U-19 Indonesia saat jalani pemusatan latihan di Kroasia. Foto: Dok. PSSI
Selain bermain dengan pola 4-3-3, Shin juga pernah menerapkan skema 4-2-3-1 untuk Timnas Korea Selatan. Dengan memasang striker tunggal yang ditopang 3 gelandang di belakangnya, Shin berhasil menorehkan beberapa catatan positif.
ADVERTISEMENT
Pakem tersebut membawanya mengalahkan Meksiko dan menahan imbang Jerman di Olimpiade 2016, serta menaklukan Uzbekistan pada friendly match di tahun yang sama.
Skema ini dirasa layak untuk diterapkan di Timnas U-19 ke depannya, mengingat Shin memiliki banyak stok gelandang berkualitas untuk menjadi kekuatan lini tengahnya.

4-1-4-1

Shin Tae-yong Tak Miskin Strategi, Ini 3 Skema yang Siap Dipakai Timnas U-19 (96397)
Potret Timnas U-19 menghadapi Bulgaria U-19. Foto: Dok. PSSI
Skema terakhir yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah formasi 4-1-4-1. Ya, Shin pernah memainkan pola ini di level tim nasional maupun klub.
Pada 2017, ia berhasil membawa Korea Selatan U-20 mencukur tim asal Afrika, Guinea, dengan skor 3-0 di ajang Piala Dunia U-20.
Selain itu, di babak 8 besar Olimpiade 2016 Shin juga memasang pakem ini melawan Honduras. Sayang, saat itu Korea Selatan harus kalah tipis 0-1 dari wakil Benua Amerika tersebut.
ADVERTISEMENT
Lebih mundur ke belakang, Shin juga memakai pakem ini di Piala Dunia antarklub tahun 2010. Saat itu ia berhasil membawa Seongnam Ilhwa melaju hingga babak semi final.
Namun, di babak 4 besar itu, Shin harus takluk 0-3 dari raksasa Serie A, Inter Milan, dengan formasi tersebut.
Sama dengan 4-2-3-1, skema 4-1-4-1 juga layak dicoba di Timnas U-19, karena menumpuk para gelandang di lini tengah yang mana merupakan kekuatan terbesar Timnas U-19.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.