Bola & Sports
·
28 Oktober 2020 19:47

Shin Tae-yong Tak Telantarkan Timnas Indonesia Senior, Sedang Godok Rencana TC

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Shin Tae-yong Tak Telantarkan Timnas Indonesia Senior, Sedang Godok Rencana TC (318584)
Suasana latihan timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (14/2). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Timnas Indonesia bagaimana nasibnya sekarang? Selama pandemi corona, tak ada pertandingan yang dilakoni skuat 'Garuda' dan Shin Tae-yong sendiri lebih fokus bekerja untuk Timnas U-19.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, publik memang baru melihat aktivitas dari Timnas U-19 yang menggelar TC dan uji tanding di Kroasia. David Maulana dan kolega bahkan akan dijadwalkan kembali melakukan TC ke Eropa, kemungkinan ke Belanda.
Yunus Nusi, Plt. Sekretaris Jenderal PSSI, mengindikasikan bahwa Timnas Indonesia senior tak 'ditelantarkan' begitu saja. Meski sekarang Shin terlihat lebih fokus ke 'Garuda Muda', Yunus mengatakan pelatih asal Korea Selatan itu juga sedang memikirkan rencana ke depan untuk tim senior.
"Kami sudah meeting dengan Shin Tae-yong [soal Timnas Indonesia senior]. Dia lagi buat road map-nya lagi, mudah-mudahan 1-2 hari sudah ada keputusan terkait TC Timnas senior," katanya Yunus, Rabu (28/10).
Shin Tae-yong Tak Telantarkan Timnas Indonesia Senior, Sedang Godok Rencana TC (318585)
Sejumlah pemain tim nasional Indonesia senior sempat melakukan perenggangan saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Foto: M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO
"Kami masih tunggu kompetisi dan informasi dari beberapa negara untuk TC lanjutan Timjnas U-19 agar saling menyesuaikan," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Terkait hubungan antara Timnas Indonesia senior dan kelanjutan Liga 1, sebelumnya, Shin Tae-yong juga sudah menyampaikan pendapatnya. Menurutnya, liga harus kembali bergulir agar dia bisa memilih pemain.
''Ujung dari sebuah kompetisi itu Timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan Timnas negara lain atau klub,'' kata Shin.
Timnas Indonesia senior terakhir kali berlaga pada 19 November 2019 dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kala itu, 'Merah Putih' kalah 0-2 dari Malaysia di Kuala Lumpur.
Pada pertengahan November mendatang, FIFA mengagendakan jeda internasional. Hingga kini, belum diketahui apakah Timnas Indonesia akan memanfaatkan momen tersebut dengan uji tanding dengan negara lain.
ADVERTISEMENT
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.