kumparan
29 Januari 2020 4:44

Singkirkan Leicester, Aston Villa ke Final Piala Liga Inggris

Leicester vs Villa
Leicester City vs Aston Villa di semifinal Piala Liga Inggris 2019/20. Foto: Reuters/Carl Recine
Aston Villa berhasil melangkah ke partai final Piala Liga Inggris 2019/20. Kepastian didapatkan usai mengalahkan Leicester City 2-1 pada leg kedua semifinal di Villa Park, Rabu (29/1/2020) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Dua gol kemenangan Villa dicetak oleh Matt Targett (12') dan Trezeguet (90+3'), sementara gol balasan The Foxes dilesakkan Kelechi Iheanacho (72').
Dengan hasil ini, Villa lolos ke partai pemungkas dengan keunggulan agregat 3-2. Di laga final nanti, Villa tinggal menunggu pemenang laga antara Manchester City melawan Manchester United.
***
Brendan Rodgers menyimpan Jamie Vardy dengan memasang Kelechi Iheanacho dan Ayoze Perez di lini serang dalam skema 3-1-4-2. Mereka berdua ditopang Youri Tielemans, James Maddison, Ricardo Pereira, dan Harvey Barnes.
Dengan susunan pemain itu, aliran serangan Leicester begitu deras di awal pertandingan. Ada lima tembakan yang mereka lepaskan di 10 menit jalannya laga. Bahkan, tiga di antaranya mengarah tepat ke sasaran.
ADVERTISEMENT
Kelechi Iheanacho mengawali ancaman di menit kedua, kemudian James Maddison melepas dua shot on target di menit ketujuh dan kesembilan. Namun, semua percobaan itu digagalkan kiper Villa, Orjan Nyland.
Leicester vs Villa
Leicester City vs Aston Villa di semifinal Piala Liga Inggris 2019/20. Foto: Reuters/Carl Recine
Ketika tengah asik menyerang, Leicester justru kecolongan lewat serangan balik Villa di menit 12. Berawal dari penetrasi Jack Grealish ke dalam kotak penalti, ia memberi umpan kepada Matt Targett yang menyelesaikannya dengan tendangan voli.
Gol itu membuat tempo permainan turun di mana Villa lebih banyak menunggu bola. Leicester baru mendapat peluang emas di menit 34 lewat tembakan Tielemans, namun bola membentur mistar setelah sebelumnya ditepis Nyland.
Leicester vs Villa
Leicester City vs Aston Villa di semifinal Piala Liga Inggris 2019/20. Foto: Reuters/Carl Recine
Leicester kesulitan menembus pertahanan Villa di awal babak kedua, kondisi itu bikin Rodgers akhirnya memasukkan Vardy di menit 56. Empat menit kemudian, Leicester mendapat peluang dari Barnes, tapi tendangannya ditepis Nyland.
ADVERTISEMENT
Setelah berkali-kali mencoba, Leicester akhirnya bisa menyamakan skor di menit 72. Gol diawali pergerakan Barnes yang memberi umpan ke tiang jauh, Iheanacho yang tak terkawal sukses menceploskan bola ke gawang dengan sepakan kaki kiri.
Villa sempat mengancam di menit 83 lewat sepakan pemain pengganti, Trezeguet, tapi upayanya bisa digagalkan Schmeichel. Namun, Trezeguet tak membuang peluangnya di masa injury time usai mencetak gol kemenangan dan memastikan Villa lolos ke final Piala Liga Inggris musim ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan