Skandal, Calon Pemain Naturalisasi Mau Tipu Malaysia Pakai Identitas Palsu

8 Februari 2022 14:23 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pesepak bola Curran Ferns. Foto: Instagram/@curran.ferns
zoom-in-whitePerbesar
Pesepak bola Curran Ferns. Foto: Instagram/@curran.ferns
ADVERTISEMENT
Sepak bola Malaysia diwarnai isu ada calon pemain naturalisasi yang disebut mau menipu federasi. Hal ini diungkap oleh pesepak bola kelahiran Australia yang lama malang-melintang di 'Negeri Jiran', Curran Ferns.
ADVERTISEMENT
Hal ini ramai dibicarakan usai Ferns mengungkap terkait pemalsuan identitas calon pemain sepak bola naturalisasi Malaysia di akun Instagram miliknya. Namun, ia belum membeberkan siapa pemain yang dimaksud.
“Sangat tak biasa FA Malaysia ingin memberi status naturalisasi kepada pemain yang menipu dirinya orang Malaysia untuk mendapatkan paspor demi kepentingan pribadinya,” tulis eks pemain Melaka United itu.
"Untuk mewakili Malaysia dan menjadi warga negara itu harus lebih dari sepak bola. Bagaimana bisa kita membiarkan seseorang mencoba memanipulasi banyak orang dan menipu semua orang hanya karena namanya seperti nama Asia, semata-mata untuk mengisi kantongnya."
Selebrasi pemain Malaysia saat melawan Kamboja di AFF Suzuki Cup. Foto: AFF Suzuki Cup
"Ini adalah satu penghinaan dan satu tamparan. Tunjukkan dokumen Anda bagaimana hubungan darah keluarga Anda adalah dari Malaysia karena Anda bilang kepada media sudah bertahun."
ADVERTISEMENT
"Sekarang buktikan atau memohon maaf kepada banyak orang karena menipu, dan selepas itu biarkan mereka memutuskan Anda layak untuk menjadi rakyat Malaysia," tandas si bek 28 tahun.
Teranyar, Malaysia baru menaturalisasi Sergio Aguero dari Sri Pahang FC. Pemain Argentina itu bisa dinaturalisasi karena sudah 5 tahun berturut-turut tinggal di Malaysia.
Sebenarnya, ada satu pemain lagi, yakni Lee Tuck. Namun, ia gagal dinaturalisasi karena ia gagal membuktikan garis keturunannya, walau mengakui neneknya berasal dari Malaysia.
Curran Ferns sendiri juga sudah dinaturalisasi Malaysia. Modalnya adalah bukti bahwa sang ibu berasal dari Johor Baru.