kumparan
15 Februari 2020 8:38

Solskjaer Dituduh Lindungi Pemerkosa, Man United Buka Suara

Ole Gunnar Solskjaer (P)
Ole Gunnar Solskjaer usai laga vs Arsenal. Foto: Reuters/Toby Melville
Kepada Daily Telegraph, pihak Manchester United buka suara terkait dengan tuduhan bahwa Ole Gunnar Solskjaer melindungi pemerkosa saat masih melatih FK Molde.
ADVERTISEMENT
"Sebagai manajer Molde pada saat itu, Ole Gunnar Solskjaer ingin menghormati proses hukum di Norwegia. Proses hukum ini sendiri masih berjalan hingga sekarang," ucap singkat spokeperson tim berjuluk The Red Devils tersebut.
Meski begitu, pihak United tak menjawab 9 pertanyaan yang diajukan The Telegraph terkait dengan Solskjaer. Salah satunya ini: Apakah United sudah tahu riwayat Solskjaer yang ini sebelum merekrutnya sebagai manajer pada Desember 2018?
Lantas, siapa sosok yang dilindungi Solskjaer saat masih di Molde? Dialah Babacar Sarr dan pemain dari Senegal ini sudah beberapa kali tersandung kasus pemerkosaan.
November 2015, Sarr masih berstatus sebagai pemain Sogdnal. Kala itu, dia dituduh melakukan pemerkosaan saat tengah menikmati liburan akhir musim di Stockholm, Skotlandia. Kasus ini sempat diinvestigasi polisi, tapi kemudian tuduhannya dicabut.
ADVERTISEMENT
Nah, Molde mendatangkan Sarr pada Juli 2016 dan setahun berselang kasus serupa kembali terulang.
Solskjaer
Ole Gunnar Solskjaer (kanan) dan Babacar Sarr. Foto: @MikeLUHGv3
Sarr dituduh melakukan pemerkosaan terhadap seorang wanita yang tengah tertidur usai berpesta di sebuah klub malam di Molde. Terkait tuduhan ini, pemain kelahiran 1991 ini membantahnya. Kasus ini pada akhirnya juga melibatkan Solskjaer.
Saat ditanya apakah karier Sarr di Molde terancam, Solskjaer berujar kepada Romsdals Budstikke bahwa tak ada alasan untuk itu. Sebab, Sarr belum terbukti bersalah. Bahkan, Solskjaer pernah mengizinkan Sarr menjadi kapten Molde untuk satu pertandingan.
Pada Maret 2018, hasil penyelidikan menunjukkan bahwa Sarr memang melakukan tindak pemerkosaan.
Tiga bulan berselang, seorang wanita angkat bicara kepada media Norwegia bahwa dia juga merupakan korban pemerkosaan Sarr. Kasus ini terjadi pada 2014 ketika dia tertidur. Dan saat ini, orang tersebut telah melahirkan seorang anak.
ADVERTISEMENT
Memang pada akhirnya Sarr dilepas Molde. Meski begitu, dengan bantuan sang agen, Jim Solbakken -- yang merupakan teman dekat Solskajer, Sarr pindah ke Yenisey Krasnoyarks dan Damac.
Tim yang disebutkan terakhir berasal dari Arab Saudi. Sarr kini menjadi buronan Interpol karena kasus pemerkosaan ini. Arab Saudi merupakan negara yang tak bisa dijangkau Interpol. Sampai saat ini, Sarr masih mangkir dari panggilan sidang di Norwegia.
Selain pertanyaan soal keterkaitan Solskjaer dengan Sarr, Daily Telegraph juga bertanya apakah United punya kebijakan khusus dalam mendatangkan pemain yang bermasalah secara hukum, dan salah satunya tentu pemerkosaan.
Tapi, seperti yang disebut sebelumnya, ini juga tak dijawab United.
===
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.
ADVERTISEMENT
Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.
Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.