kumparan
19 September 2019 19:33

Solskjaer Jamin Man United Bakal Tampil Serius di Liga Europa

Ole Gunnar Solskjaer pada pertandingan melawan Southampton. Foto: John Sibley/Reuters
Di mata Ole Gunnar Solskjaer, Liga Europa bukan sekadar jalur alternatif untuk Manchester United mentas di Liga Champions musim depan. Solskjaer percaya, kompetisi level kedua Eropa ini juga bisa memekarkan mentalitas pemenang di timnya.
ADVERTISEMENT
"Saya melihat kami memiliki kans besar untuk memenangi Liga Europa. Pasalnya, laju tim-tim Inggris yang tampil di kompetisi ini pada musim-musim sebelumnya boleh dikategorikan bagus," kata Solskjaer kepada UEFA.
"Kami bakal menjalani setiap pertandingan di kompetisi ini untuk mengasah mentalitas pemenang di tim ini. Soal bagaimana hasilnya, kita lihat saja nanti," lanjut sosok yang telah melatih United sejak Desember 2018 itu.
Trofi merupakan salah satu cara tepat untuk meningkatkan mentalitas skuat, dan Liga Europa terbukti ramah untuk tim-tim Inggris. Sejak musim 2015/16, setidaknya ada satu tim Inggris yang melangkah ke babak semifinal Liga Europa.
Mourinho persembahkan gelar juara Liga Europa pertama untuk Manchester United. Foto: Reuters / Andrew Couldridge/File Photo
United sendiri pernah memenangi kompetisi ini pada musim 2016/17. Sementara, pada musim lalu, tersaji duel dua tim asal Inggris di final. Arsenal versus Chelsea, dan laga ini dimenangi Chelsea dengan skor akhir 2-0.
ADVERTISEMENT
Di Liga Europa musim ini, United berada di Grup L bersama AZ Alkmaar, FC Astana, dan Fudbalski Klub Partizan. Secara kualitas skuat, United jauh lebih baik. Sehingga, dia pun berharap skema serangan balik bisa menjadi satu cara efektif untuk mencetak gol.
"Ada banyak cara untuk memenangi pertandingan. Terkadang, kami harus membongkar pertahanan lawan dengan bertahan melalui blok rendah. Di Old Trafford, itu sering terjadi," kata sosok berkebangsaan Norwegia itu.
Manchester United berpesta. Foto: PHIL NOBLE
"Bagi saya, ini sama sekali tak mengherankan. Saya ini orang Eropa, Norwegia, dan di luar rumah kami, orang-orang sudah tahu betapa mengerikannya serangan balik kami. Karena kami memiliki sejumlah pemain yang memiliki kecepatan."
"Jadi, kami bisa mendominasi lawan secara penguasaan bola. Tetapi, ketika kami bertahan pun, kami juga bisa dibilang mendominasi. Karena kami tahu, ketika kami memenangi bola, kami berada di posisi tepat untuk mencetak gol," tutup Solskjaer.
ADVERTISEMENT
Perjalanan United di Liga Europa musim ini bakal dimulai pada Jumat (20/9/2019) dini hari WIB. Di Old Trafford, United bakal menghadapi Astana. Dengan skuat yang didominasi para pemain muda, bisakah United meraih kemenangan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan