kumparan
31 Desember 2018 8:02

Solskjaer: No Clean Sheet, No Problem

David de Gea
Kiper Manchester United, David de Gea, melakukan penyelamatan di laga melawan Huddersfield Town. (Foto: Twitter: David de Gea)
Tiga laga Manchester United di bawah kepemimpinan pelatih interim, Ole Gunnar Solskjaer, dilalui dengan sempurna: kemenangan. Catatan gol yang ditorehkan oleh para penggawa 'Iblis Merah' juga tak kalah apik, yakni 12 gol.
ADVERTISEMENT
Rinciannya, saat bertandang ke markas Cardiff City pada pekan ke-19 Premier League 2018/19, United menang 5-1. Berlanjut ke pekan berikutnya, kala menjamu Huddersfield Town di Old Trafford, Paul Pobga dan kolega kembali memetik tiga angka dengan skor 3-1. Dan saat berjumpa Bournemouth, United sukses menyuruh tim tamu pulang tanpa poin lewat kemenangan 4-1.
Kendati demikian, bukan berarti United tak memiliki lubang yang mesti ditambal. Dalam tiga laga, gawang yang dijaga oleh David de Gea sudah kebobolan satu kali di masing-masing pertandingan.
Menurut Solskjaer, belum mencatatkan clean sheet bukan berarti penjaga gawang atau lini belakang anak asuhnya bermain buruk. Satu yang menjadi perhatian khusus sosok Norwegia itu adalah kala Nathan Ake sukses membobol gawang De Gea di laga melawan Bournemouth, Minggu (30/12/2018).
ADVERTISEMENT
''Kami selalu memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan oleh para pemain. Sentuhan yang dilakukan David Brooks sebelum melepaskan umpan pada Nathan Ake sungguh baik dan bagus. Semestinya, pada kesempatan tersebut, para pemain tidak boleh kehilangan fokus satu detik pun,'' kata Solskjaer mengutip situs resmi klub.
''Kami memang akan mencari momentum untuk bisa mendapatkan clean sheet. Jujur saja lebih mudah untuk menciptakan peluang, mencetak gol, dan merayakannya bersama-sama. Tetapi, tidak apa-apa, para pemain sudah bekerja dengan baik,'' lanjutnya.
Ole Gunnar Solskjaer
Aksi Ole Gunnar Solskjaer di pinggir lapangan. (Foto: REUTERS/Darren Staples)
Sebelumnya, Solskjaer juga sempat mengutarakan persoalan yang sama menjawab masalah clean sheet. Tepatnya, setelah laga menghadapi Huddersfield pada Rabu (26/12). Kala itu, United juga kebobolan satu gol.
Alih-alih melemparkan kritik, Solskjaer justru memuji penyelamatan De Gea yang kala itu bermain gemilang. Penyelamatan De Gea yang dimaksud Solskjaer itu terjadi di menit ke-61 saat The Red Devils tengah unggul 1-0. Kiper asal Spanyol itu berhasil mengaggalkan tendangan Laurent Depotre. Meski bola mengarah ke pojok kanan gawang, De Gea dengan heroik menepisnya dengan tangan kanan.
ADVERTISEMENT
''Kami akan fokus ke laga selanjutnya, yakni menghadapi Newcastle United. Ini tantangan juga yang harus kami lalui kendati setiap laga memiliki perbedaan dan cirinya sendiri,'' pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan