Bola & Sports16 September 2020 11:56

Stadion Mattoangin Didaftarkan Sebagai Cagar Budaya

Konten Redaksi kumparan
Stadion Mattoangin Didaftarkan Sebagai Cagar Budaya (81515)
Suporter PSM Makasar membawa spanduk ke dalam Stadion Andi Mattalatta. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Stadion Andi Mattalatta Mattoangin didaftarkan sebagai cagar budaya. Selama ini, stadion berkapasitas 15 ribu orang itu menjadi markas klub Liga 1, PSM Makassar.
ADVERTISEMENT
Pendaftaran itu dilakukan melalui Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya pada 11 September 2020 sebagai kategori bangunan. Hingga Rabu (16/9), status stadion milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan itu masih dalam verifikasi Dinas Daerah.
"Objek ini baru saja terdaftar pada sistem dan masih dalam proses verifikasi dan kajian untuk menentukan apakah termasuk cagar budaya atau tidak," tulis keterangan dalam website tersebut.
Dalam penjabarannya, Stadion Mattoangin dideskripsikan dengan Bangunan Tribun menghadap ke arah Timur, memanjang dengan orintasi Utara –Selatan dengan panjang ± 120 meter. Lebar 35 meter.
Pada bagian depan bangunan bertingkat dengan tangga beton pada sisi tengah dan sisi utara dan selatan. Jarak antar kolom terdapat deretan jendela panil kaca dalam rangkaian kusen 5:5 yang terdiri dari 10 jendela campuran tipe stationery dan picture windows.
ADVERTISEMENT
Sementara, pada basement bangunan terdapat 5 Gate atau pintu masuk menuju podium dengan Gate 1,2, dan 3 terletak pada tengan bangunan.
Stadion Mattoangin telah direncanakan untuk direnovasi dengan anggaran Rp 200 miliar. Dari video yang dirilis, atap stadion yang tadinya hanya menutupi tribune VVIP, kini akan melingkari seluruh stadion.
Rencananya, tempat duduk penonton juga akan diganti dengan single seat. Sementara, ruang ganti pemain juga sudah tampak seperti ruang ganti stadion berkelas internasional.
Tak hanya itu, kapasitas Stadion Mattoanging juga nantinya bakal ditingkatkan menjadi 30.000 penonton. Desain serta fasilitas tersebut diklaim akan memenuhi standar AFC dan FIFA.
Stadion Mattoangin Didaftarkan Sebagai Cagar Budaya (81516)
Spanduk dukungan Macz Man terhadap PSM Makassar dalam laga final Piala Indonesia 2019 menghadapi Persija Jakarta. Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Sebelumnya, Stadion Mattoangin sempat viral usai tribune penonton dijadikan lahan untuk menanam sayuran. Foto-foto tersebut sempat ramai diperbincangkan dengan menandakan tak terawatnya stadion yang berdiri sejak 1957 ini.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, stadion yang masuk ke dalam cagar budaya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno. Stadion termegah se-Indonesia ini mengalami renovasi besar untuk menghelat Asian Games 2018.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white