kumparan
17 September 2019 15:08

Sudahi Perseteruan dengan Neuer, Ter Stegen Fokus Hadapi Dortmund

Marc-Andre ter Stegen dalam konferensi pers jelang laga vs Dortmund. Foto: AFP/Sascha Schuerrman
Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, memutuskan untuk mengakhiri perseteruannya dengan Manuel Neuer di Timnas Jerman. Ter Stegen tak mau fokusnya menghadapi Borussia Dortmund di Liga Champions terganggu.
ADVERTISEMENT
Bagi Ter Stegen, menghadapi Dortmund berarti menghadapi mantan pelatihnya, Lucien Favre. Nama kiper 27 tahun ini melejit saat bermain untuk Borussia Moenchengladbach asuhan Favre. Kedua sosok ini bekerja sama dari 2011 sampai 2014 ketika Ter Stegen pindah ke Barcelona.
Namun, perseteruan dengan Neuer membuat reuni kecil ini luput dari benak Ter Stegen. Perseteruan sendiri muncul setelah Ter Stegen menyatakan kekecewaan akibat tak dimainkan Joachim Loew dalam laga Jerman vs Irlandia Utara.
Sebelum ini Loew sempat berjanji akan memberi kesempatan pada semua kiper Die Mannschaft. Akan tetapi, sejauh ini Neuer masih sulit sekali tergusur. Ter Stegen sendiri baru bermain sekali sepanjang 2019, itu pun cuma selama 45 menit dalam uji tanding melawan Serbia.
ADVERTISEMENT
Manuel Neuer menjaga gawang Jerman dalam pertandingan kontra Irlandia Utara. Foto: Reuters/John Sibley
Ujaran kekecewaan Ter Stegen itu direspons dengan ketus oleh Neuer. Kata kiper Bayern Muenchen itu, Ter Stegen sudah bersikap tidak hormat kepada kiper-kiper Jerman lain yang juga memperebutkan posisi nomor satu seperti Kevin Trapp dan Bernd Leno.
Ter Stegen kemudian menggunakan konferensi pers jelang laga melawan Dortmund sebagai sarana untuk melancarkan serangan balasan kepada Neuer. Menurut pria asli Moenchengladbach itu, apa yang diucapkan Neuer itu tidak pantas.
"Begini, ya. Dalam kompetisi untuk posisi kiper, wajar kalau orang yang tidak bermain merasa kecewa. Di sepak bola, kebahagiaan dan kekecewaan itu hal biasa," kata Ter Stegen.
"Manuel Neuer tidak semestinya berkomentar soal perasaanku dan menghakiminya. Itu pendapatku. Dalam beberapa tahun terakhir aku selalu bersikap baik dan apa yang diucapkan Neuer itu tidak adil."
ADVERTISEMENT
Marc-Andre ter Stegen usai pertandingan Trofi Jan Kamper. Foto: AFP/Josep Lago
"Perkataannya sungguh tidak pantas tetapi aku tidak mau berkata apa-apa lagi. Aku ingin mengakhiri kontroversi ini," lanjutnya.
Ter Stegen sendiri saat ini tengah menjadi sorotan karena gawang Barcelona yang dikawalnya sudah kemasukan tujuh kali dalam empat pertandingan La Liga. Setelah memutuskan untuk mengakhiri perang dengan Neuer, dia menegaskan bahwa fokusnya saat ini adalah membantu Blaugrana mengakhiri catatan buruk tersebut.
"Kami sudah berusaha untuk mencegah gol masuk tetapi upaya kami belum berhasil. Ini bukan yang kami inginkan dan kami harus memperbaikinya. Ada beberapa kesalahan yang semestinya bisa dihindari dan kami sudah membicarakan itu," ujar Ter Stegen.
Pertandingan antara Dortmund dan Barcelona ini merupakan yang pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah. Kedua tim akan bentrok pada Rabu (18/9/2019) dini hari WIB di Westfalenstadion.
ADVERTISEMENT