kumparan
search-gray
Bola & Sports29 Juni 2020 19:41

Sudahkah 6 Stadion Piala Dunia U-20 Memenuhi Standar FIFA?

Konten Redaksi kumparan
Piala Dunia U-20, Manahan, Solo
Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya
Kurang dari satu tahun, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Terkini, PSSI telah menentukan enam stadion yang akan dijadikan venue pertandingan.
ADVERTISEMENT
Tersebar di tiga pulau, keenam stadion itu adalah Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).
Pertanyaannya tentu saja, apakah keenam stadion itu layak dan telah memenuhi standar FIFA?
kumparan mencoba menjawabnya dengan menilik kepada Panduan Proses Bidding Piala Dunia U-20 2021. Dari situ terlihat FIFA memberikan syarat ketat terhadap kelayakan stadion.
Secara garis besar, sejumlah fasilitas yang wajib dimiliki keenam stadion di Indonesia tersebut yakni:
Tempat Duduk
Setiap stadion wajib memiliki single-seater dengan kapasitas sebagai berikut: Minimal 5.000 kursi untuk babak penyisihan grup, babak 16 besar, dan perempat final, semi final, dan perebutan tempat ketiga. Sedangkan, untuk partai pembukaan dan final jumlah kapasitas minimal 15.000 tempat duduk.
ADVERTISEMENT
Rumput Lapangan
Jenis rumput yang digunakan harus berjenis natural dan memiliki kualitas internasional tertinggi . Sementara, jenis rumput artifisial dan hybrid (campuran) dapat digunakan dengan persetujuan FIFA.
Piala Dunia U-20, Gelora Bung Tomo
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Dimensi Lapangan
Dimensi lapangan harus sesuai dengan Laws of The Game. Rinciannya, panjang 105 meter dan lebar 68 meter dengan tambahan 3-5 meter di area sekitar lapangan.
Papan Skor dan Layar Raksasa
Setiap stadion harus dilengkapi setidaknya satu papan skor atau layar raksasa untuk pertandingan penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan perebutan tempat ketiga. Sementara, untuk laga pembuka dan final setidaknya memiliki satu layar raksasa.
Sistem Penerangan
Setiap stadion harus menyediakan sistem lampu sorot yang memenuhi atau melebihi standar penerangan FIFA, menyediakan arus cahaya yang tertuju pada satu uni bidang (luks) sehingga memberikan keuntungan bagi pemain, ofisial, penonton, dan penyiaran serta cocok untuk pertandingan internasional.
Kualitas terbaik Stadion Gelora Bung Karno
Kualitas terbaik Stadion Gelora Bung Karno. Foto: Chandra Dyah Ayuningtyas/kumparan
Fasilitas Penyiaran dan Media
ADVERTISEMENT
Setiap stadion harus memiliki tribune media yang berada di tengah dengan dilengkapi kursi yang bernomor dengan atau tanpa meja. Sebanyak 30-50 kursi dengan meja dan 10-20 kursi tanpa meja digunakan untuk laga penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan perebutan tempat ketiga. Sementara, 50-90 kursi dengan meja dan 10-20 kursi tanpa meja digunakan untuk menggelar laga pembukaan dan final.
Memiliki mixed zone (tempat wawancara pemain sebelum meninggalkan stadion) yang sesuai dengan aktivitas penyiaran atau rekaman, memiliki ruang konferensi pers, mempunyai ruangan khusus penyiaran, dan memiliki sistem daya untuk mendukung siaran.
Parkir
Setiap stadion harus dilengkapi dengan fasilitas parkir yang layak baik di dalam maupun di luar lingkar stadion dan juga di luar perimeter stadion.
Stadion Kapten I Wayan Dipta, SQUARE
Markas Bali United. Foto: dok. Bali United
Secara garis besar, dari keenam stadion yang ditunjuk PSSI, hanya Stadion Utama Gelora Bung Karno yang saat ini siap menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Stadion berkapasitas sekitar 78 ribu tempat duduk ini juga diperkirakan akan digunakan untuk menggelar laga pembuka dan final.
ADVERTISEMENT
Sementara, lima stadion lainnya masih belum memenuhi standar FIFA. Untuk itu, kelima stadion itu akan segera menjalani renovasi yang ditopang oleh pemerintah pusat dan daerah.
Pekerjaan berat pun menanti. Pasalnya, renovasi stadion untuk Piala Dunia U-20 sudah harus rampung dua bulan sebelum kick-off atau sekitar Februari atau Maret 2021.
Piala Dunia U-20 akan dimulai pada Mei hingga Juni 2021. Sebanyak 24 tim dari enam benua akan ambil bagian.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white