Bola & Sports
·
16 Oktober 2019 3:54

Tahan Imbang Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tahan Imbang Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020 (241970)
Rodrigo Moreno meloloskan Spanyol ke Piala Eropa 2020. Foto: Jessica Gow/via REUTERS
Timnas Spanyol akhirnya bisa memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020. Tiket didapatkan usai La Furia Roja menahan imbang Swedia 1-1 pada Rabu (16/10/2019) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Spanyol bisa saja keok karena Swedia unggul lebih dulu via Marcus Berg di menit 50. Tapi, Rodrigo Moreno yang masuk sebagai pemain penganti menjadi pahlawan dengan golnya di menit 90+2.
Hasil ini membuat Spanyol yang ada di puncak klasemen Grup F dengan 20 poin, unggul 5 angka dari Swedia di bawahnya dan 6 poin dari Rumania di peringkat ketiga.
***
Robert Moreno sedikit melakukan perubahan dari laga sebelumnya. Dengan skema dasar 4-3-1-2, ia memasang Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal sebagai duet di lini serang. Mereka ditopang oleh Dani Ceballos sebagai playmaker.
Tiga pemain yang melindungi dari lini kedua adalah Rodri Hernandez, Fabian Ruiz, dan Thiago Alcantara. Sementara itu, tak ada nama Sergio Ramos di barisan belakang Spanyol. Tempatnya digantikan Inigo Martinez yang berpasangan dengan Raul Albiol.
ADVERTISEMENT
Thiago sebetulnya punya peluang emas untuk membawa Spanyol unggul di menit keenam. Ia berhasil melewati dua pemain belakang Swedia dan menusuk hingga ke dalam kotak penalti.
Tapi, ketika berhadapan dengan Robin Olsen, Thiago justru memilih melewati sang kiper alih-alih melepas tendangan atau mengoper. Alhasil, upayanya berujung kegagalan karena bola diintersep.
Tahan Imbang Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020 (241971)
Laga antara Timnas Spanyol vs Sewdia di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Foto: Anders Wiklund/via REUTERS
Aliran serangan Spanyol tetap deras setelahnya. Dua peluang didapatkan mereka pada kurun waktu menit 10-20 lewat Rodri dan Gerard Moreno, tapi semua percobaan itu kembali mentah di tangan Olsen.
Dua ancaman beruntun hadir di menit 27 buat Spanyol. Pertama melalui sepakan terarah Mikael Lustig yang ditangkap David De Gea. Kemudian dari Robin Quaison yang gagal memaksimalkan kesalahan bek Spanyol di daerah pertahanan sendiri.
ADVERTISEMENT
Spanyol justru mengendur di sisa babak pertama. Swedia yang menerapkan pressing hingga sepertiga lapangan bikin tim tamu tak bisa mengembangkan permainan. Sebaliknya, De Gea kembali harus berjibaku menyelamatkan gawang dari sundulan Quaison.
Tahan Imbang Swedia, Spanyol Lolos ke Piala Eropa 2020 (241972)
Proses gol Swedia ke gawang Spanyol. Foto: Johanna Lundberg/Reuters
Penampilan apik Swedia di akhir babak pertama berlanjut di babak kedua. Kondisi ini akhirnya membuahkan hasil manis dengan lahirnya gol di menit 50 lewat aksi Marcus Berg.
De Gea sebetulnya sudah berupaya keras menghalau terjadinya gol. Kiper Manchester United itu lebih dulu menepis sundulan Berg sebelumnya, kemudian bola muntah yang disepak Emil Forsberg juga bisa ditahan. Tapi, De Gea tak berdaya ketika bola muntah kembali disundul Berg ke dalam gawangnya.
Sial buat Spanyol dan De Gea, sang kiper harus digantikan Kepa Arrizabalaga di menit 60 karena cedera. Spanyol melanjutkan pergantian dengan memasukkan Rodrigo Moreno di 66.
ADVERTISEMENT
Keputusan ini akhirnya membuahkan hasil manis karena Rodrigo menjadi pahlawan lewat gol di masa injury time usai meneruskan umpan Ruiz. Alhasil, kemenangan Swedia yang ada di depan mata buyar.