kumparan
3 November 2018 21:00

Tak Ada Pemenang dalam Laga Leganes Lawan Atletico Madrid

Gelson Martins berduel dengan Ruben Perez. (Foto: Perez REUTERS/Javier Barbancho)
Hasil imbang menghiasi laga Atletico Madrid lawan Leganes yang dihelat di Stadion Butarque, Sabtu (3/11/2018) malam WIB. Skor 1-1 tercipta, berkat gol-gol yang ditorehkan Antoine Griezmann dan Guido Carrillo.
ADVERTISEMENT
Akibat dari hasil ini, Atletico gagal menyalip Barcelona di puncak klasemen La Liga. Saat ini, Atletico mencatatkan 20 poin, selisih satu poin dengan Barcelona. Sedangkan Leganes belum keluar dari zona degradasi dengan raihan 9 poin.
***
Pada pertandingan ini, Leganes menurunkan formasi yang cukup berani, yaitu 3-4-3. Nabil El-Zhar, Youssef En-Nesyn, dan Oscar mengisi pos di lini depan. Ruben Perez dan Recio mengisi posisi di tengah, sekaligus melapis tiga bek di belakang yang dihuni Kenneth Omeruo, Rodrigo Tarin, dan Dimitrios Siovas.
Sementara itu, Atletico Madrid yang berbalut formasi 4-4-2, dengan Gelson Martins dan Antoine Griezmann di lini depan. Thomas Lemar, Saul Niguez, Rodri, serta Angel Correa berdiri sejajar di lini tengah, melapisi empat bek sejajar di belakang yang dikomandoi Lucas Hernandez dan Stefan Savic.
ADVERTISEMENT
Pada awal babak pertama, Leganes sebagai tuan rumah mampu memberikan tekanan intensif pada lini pertahanan Atletico. Skema tiga bek yang mereka terapkan membuat Leganes memiliki keunggulan jumlah pemain, terutama ketika menyerang. Hal itu membuat Atletico kewalahan.
Para pemain depan Leganes, seperti El-Zhar, En-Nesyn, dan Oscar, mampu mengeksploitasi uang-ruang yang ada di lini pertahanan Atletico. Ditekan secara intens oleh lawan, Atletico pun sempat sulit mengembangkan permainan di babak pertama ini. Hal ini tampak dari total tembakan mereka yang hanya 1, berbanding 4 milik Leganes.
Memasuki akhir babak pertama, Atletico mulai menemukan celah dan mulai balik menekan. Lini tengah dan lini belakang mereka naik perlahan, membantu Griezmann dan Gelson Martins yang sempat kesulitan menembus lini pertahanan Leganes. Beberapa kombinasi serangan mulai tercipta, dan para pemain bertahan Leganes pun mulai bekerja.
ADVERTISEMENT
Meski ada perubahan permainan, sampai babak pertama usai, skor tetap 0-0 bagi kedua tim. Belum ada yang mampu unggul di babak pertama ini.
Angel Correa berduel melawan Kenneth Omeruo. (Foto: OSCAR DEL POZO / AFP)
Di babak kedua, Atletico mulai lebih banyak menguasai bola. Leganes memilih untuk menunggu, dan membiarkan bola dialirkan ke kiri dan ke kanan oleh para pemain Atletico. Terlihat skema tiga bek mereka berubah menjadi lima bek sekarang ini.
Hal ini membuat Atletico sulit mengalirkan bola ke area kotak penalti. Tidak cuma itu, kurang apiknya kombinasi antara Gelson dan Griezmann membuat usaha Atletico membongkar lini pertahanan Leganes jadi sulit. Ada satu momen di babak kedua ketika Gelson memberikan bola kepada Griezmann, tapi bola itu tidak matang sehingga bisa dihentikan para pemain Leganes.
ADVERTISEMENT
Sadar bahwa mereka butuh tekanan lebih, pada menit 65, mereka memasukkan Vitolo menggantikan Correa yang dianggap tidak maksimal. Masuknya Vitolo memberikan nafas baru dalam serangan Atletico, dan hal itu berbuah gol Griezmann pada menit 69 lewat sepakan bebas yang dia lakukan di dekat kotak penalti. Skor 1-0 untuk Atletico.
Setelah unggul, Atletico sedikit mengendurkan tekanan. Mereka memasukkan sosok Thomas Partey, menggantikan Lemar, untuk memperkuat lini temgah. Di sisi lain, Leganes memasukkan Daniel Ojeda dan Guido Carrillo untuk menambah daya dobrak di lini serang. Michael Santos juga dimasukkan pada menit 77, menggantikan En-Nesyn yang dianggap sudah tampak kepayahan.
Antoine Griezmann cetak gol via tendangan bebas di laga vs Leganes. (Foto: OSCAR DEL POZO / AFP)
Pergantian pemain ini membuat permainan menjadi lebih seru. Leganes yang mendapatkan tambahan amunisi baru di lini serang mulai balik menyerang saat laga memasuki menit 80. Hasilnya apik. Carrillo sukses menceploskan bola pada menit 82 usai memanfaatkan situasi tendangan bebas. Leganes sukses menyamakan kedudukan 1-1.
ADVERTISEMENT
Di sisa waktu pertandingan, kedua tim sama-sama menekan untuk mencetak gol kedua. Namun, sampai pertandingan usai, kedua tim gagal menorehkan gol tambahan. Skor 1-1 menjadi skor akhir laga. Atletico gagal memenangi laga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan