kumparan
25 Februari 2019 0:11

Tampil Dominan, Atletico Menang Meyakinkan atas Villarreal

Duel antara Atletico Madrid dan Villarreal. Foto: REUTERS/Javier Barbancho
Atletico Madrid berhasil meraih kemenangan atas Villarreal di pertandingan pekan ke-25 La Liga Spanyol, Minggu (24/2/2019). Bermain di kandang sendiri, Stadion Wanda Metropolitano, Atletico menang meyakinkan dengan skor 2-0 atas tamunya. Gol Atletico dicetak oleh striker anyar Alvaro Morata (31') dan Saul Niguez (88')
ADVERTISEMENT
Berkat kemenangan ini, Atletico berhasil memangkas jarak dengan pemuncak klasemen La Liga, Barcelona. Atletico sejauh ini mengumpulkan 50 poin, selisih tujuh poin dengan Barcelona.
***
Diego Simeone tetap setia pada pakem 4-4-2 andalannya. Namun, ada beberapa pemain yang ia istirahatkan di laga melawan Villarreal ini, seperti Diego Costa, Thomas Partey, dan Diego Godin. Morata, Santiago Arias, Stefan Savic, dan Thomas Lemar yang sebelumnya tak menjadi starter ketika Atletico menang atas Juventus di Liga Champions, bermain dari menit awal.
Di kubu lain, Villarreal kembali tampil dengan skema 3-5-2. Karl Toko Ekambi dan Carlos Bacca berduet di lini serang. Santi Cazorla, Victor Iborra, dan Santiago Caseres beroperasi di lini tengah, diapit oleh Alfonso Pedraza di sisi kiri dan Mario Gaspar di sisi kanan. Lini belakang The Yellow Submarine dihuni oleh Victor Ruiz, Ramiro Funes Mori, dan Alvaro Gonzalez.
ADVERTISEMENT
Bermain di kandang sendiri, ditambah dengan moral tinggi pascakemenangan di Liga Champions, Atletico berhasil memulai pertandingan dengan baik. Memang, mereka nyaris kecolongan lewat peluang yang didapatkan Ekambi bagi Villarreal di menit ke-10. Namun, setelah itu, pertandingan dikuasai tuan rumah.
Berbagai serangan Atletico datang dari dua pemain sayapnya, Koke dan Thomas Lemar. Pergerakan Morata dan Antoine Griezmann di lini depan pun membuat permainan Los Rojiblancos begitu cair. Pada akhirnya, gol akhirnya datang untuk pasukan Simeone di menit ke-31.
Gol Atletico dicetak oleh Morata yang berhasil memanfaatkan umpan silang Filipe Luis dengan baik. Sontekan kaki kiri striker pinjaman dari Chelsea ini masuk ke gawang Sergio Asenjo. Bagi Morata, gol ini menjadi yang perdana baginya ketika berbalut seragam Atletico, kendati ia sempat mencetak dua gol sebelumnya yang kemudian dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR).
ADVERTISEMENT
Selebrasi Alvaro Morata bersama Antoine Griezmann. Foto: REUTERS/Javier Barbancho
Tak beberapa lama setelah gol Morata, Villarreal nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, sundulan Gaspar masih jatuh ke pelukan Jan Oblak. Meskipun begitu, Atletico masih menjadi tim yang lebih dominan. Lemar dan Koke lagi-lagi menjadi pemain yang paling berbahaya bagi tim tamu lewat operan dan umpan silangnya.
Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama berakhir, entah itu untuk Atletico atau Villarreal. Kedudukan 1-0 bagi Griezmann dkk. pun menghiasi papan skor di turun minum.
Tak ada perubahan yang benar-benar berarti di pertandingan ini ketika babak kedua dimulai. Atletico masih menguasai bola dengan dominan, sementara Villarreal tampak lebih fokus untuk mencegah gawangnya kebobolan lagi.
Villarreal pada akhirnya berhasil mendapat kesempatan emas di menit ke-55. Sayang, upaya Bacca masih mampu diblok oleh bek Atletico, Jose Gimenez. Memasuki menit ke-60, intensitas pertandingan sedikit menurun, kendati Atletico sempat beberapa kali mengancam lewat Costa yang baru masuk menggantikan Morata.
ADVERTISEMENT
Namun, pertandingan kembali memanas jelang bubaran. Villarreal lebih berani untuk mengambil risiko dan membahayakan gawang Atletico, sementara tuan rumah pun berupaya untuk mengamankan kemenangan dengan mengincar gol kedua.
Diego Costa berduel dengan Sergio Asenjo. Foto: REUTERS/Javier Barbancho
Villarreal mesti mengutuk ketidakefektifan mereka di depan gawang lawan, karena Atletico-lah yang berhasil mencetak gol kedua di laga ini. Di menit ke-88, Costa mengirim umpan matang ke Saul, yang kemudian me-lob bola dengan cerdik melewati kepala Asenjo.
Gol yang dicetak Saul ini resmi mengunci kemenangan tuan rumah. Skor 2-0 bagi Atletico bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan