kumparan
2 November 2019 19:00

Target Pertama Iwan Bule: Timnas U-23 Masuk Final SEA Games

POTRAIT, Ketua PSSI terpilih Mochammad Iriawan
Ketua PSSI terpilih Mochammad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Timnas U-23 Indonesia masuk ke final SEA Games 2019. Itulah target pertama yang dicanangkan Mochamad Iriawan, alias Iwan Bule, setelah terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.
ADVERTISEMENT
Iwan mendapatkan 82 suara dalam pemilihan Ketua Umum di Kongres Luar Biasa PSSI, Sabtu (2/11/2019). Perolehan itu membawanya menang mutlak atas dua calon lain, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono.
Tugas berat sudah menanti Iwan untuk mengangkat prestasi sepak bola Indonesia. SEA Games 2019 yang akan diikuti oleh Timnas U-23 jadi kesempatan pertama baginya untuk menghasilkan perubahan.
Pemain timnas Indonesia U-23 melakukan sesi latihan di Lapangan G, Komplek Gelora Bung Karno
Pemain timnas Indonesia U-23 melakukan sesi latihan di Lapangan G, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (21/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
"Kita tahu tanggal 30 [November] ada SEA Games. Mudah-mudahan kita masuk final. Syukur-syukur bisa juara. Tentunya saya harus segera memberi perhatian besar kepada tim karena tanggal 10 [Desember] sudah final di Manila," kata Iwan.
SEA Games tentunya hanyalah permulaan. Ada momen lebih besar lagi yang sudah menanti, yaitu Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti. Iwan pun berjanji untuk segera memulai persiapan menghadapi turnamen tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kita harus segera mempersiapkan kerja sama antara PSSI, Kemenpora, dan KONI. Mungkin minggu depan kami sudah harus mulai rapat karena ada sepuluh stadion yang dipakai di sana, itu harus standar FIFA," ucapnya.
"Tentunya kami akan pantai venue-venue dan tempat lain yang mungkin dipakai seperti penginapan, akomodasi, transportasi. Langkah awalnya itu dulu," sambung Iwan.
Ketua PSSI terpilih Mochammad Iriawan
Ketua PSSI terpilih Mochammad Iriawan alias Iwan Bule. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Bicara soal Piala Dunia U-21, Presiden Joko Widodo sebelumnya sudah berpesan agar Indonesia tidak cuma sukses jadi tuan rumah, tetapi juga sebagai peserta. Nah, untuk itu, Iwan mengaku sedang mempertimbangkan opsi calon pelatih Timnas nanti.
"Hari ini akan kami analisis, pelatih mana yang kira-kira pas untuk Timnas kita. Publik ada yang menyampaikan Luis Milla, ada juga pelatih Korea. Akan kami dalami," jelas Iwan.
ADVERTISEMENT
"Saya belum bisa bicara sekarang. Belum tentu pelatih asing. Kami mau lihat dulu pelatih yang ada. Ada Pelatih A, berapa kali melatih di mana saja, kami akan cari tahu," pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan