kumparan
search-gray
Bola & Sports12 Oktober 2018 17:26

Tentang Stadion Kosong dan Kans Modric Kembali Taklukkan Inggris

Konten Redaksi kumparan
Tentang Stadion Kosong dan Kans Modric Kembali Taklukkan Inggris (52438)
Modric merayakan gol. (Foto: REUTERS / Ivan Alvarado)
Ada banyak aspek yang membuat Kroasia terasa kerdil di hadapan Inggris pada duel UEFA Nations League A Grup 4, Sabtu(13/10/2018) dini hari WIB. Pertama, finalis Piala Dunia itu baru saja dihantam Spanyol 0-6 di ajang serupa bulan lalu.
ADVERTISEMENT
Itu baru dari segi performa, belum lagi dari aspek teknis. Ya, Kroasia harus melakoni laga kandang tanpa penonton --buntut dari simbol swastika yang tampak di rumput stadion kala bersua Italia pada Kualifikasi Piala Eropa 2016 lalu. Alhasil, Vatreni kudu melakoni dua laga kandang tanpa penonton dalam laga Eropa.
Sebatas ini, cukup menggambarkan betapa kecilnya kans Kroasia untuk kembali menumbangkan Inggris, seperti yang pernah mereka lakukan pada semifinal Piala Dunia di Rusia lalu. Hal ini juga dirasakan Luka Modric. Tulang punggung Kroasia dan Pemain Terbaik Dunia 2018 itu menggambarkan betapa sukarnya laga melawan Inggris nanti.
"Ini akan sulit. Ini situasi yang aneh bagi kedua tim, bermain di depan stadion kosong (tanpa penonton)," ujar Modric sebagaimana dilansir ESPN.
ADVERTISEMENT
Tugas Modric sebagai motor permainan menjadi lebih sulit lantaran absennya Marcelo Brozovic dan Sime Vrsaljko yang dirundung cedera. Belum lagi dengan tantangan Zlatko Dalic untuk segera mencari penawar atas kepergian Mario Mandzukic dan Danijel Subasic yang undur diri dari tim nasional.
"Sangat penting bagi kami untuk mencapai hasil yang baik. Sulit untuk bermain tanpa dukungan suporter, tetapi kami harus beradaptasi dengan itu."
Well, laga tanpa penonton kali ini merupakan yang kedua untuk Kroasia setelah menjamu Bulgaria pada Oktober 2015 silam. Saat itu Ivan Perisic dan kawan-kawan sukses melibat tim tamu tiga gol tanpa balas. Sebaliknya, bagi Inggris, ini akan menjadi pengalaman pertama mereka tampil tanpa kerumunan penonton.
"Saya tidak berpikir ada yang memiliki keuntungan dalam permainan semacam ini. Tidak ada yang terbiasa bermain di depan stadion kosong," katanya.
ADVERTISEMENT
Tentang Stadion Kosong dan Kans Modric Kembali Taklukkan Inggris (52439)
Southgate bersalaman dengan Modric. (Foto: REUTERS/Carl Recine)
Di satu sisi, tampil tanpa penonton nyatanya tak memegaruhi penampilan Kroasia secara signifikan. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu, mereka tercatat melakoni dua pertandingan kandang tanpa penonton --versus Turki dan Islandia.
Dalam sepasang pertandingan yang digelar di Stadion Maksimir itu Kroasia tak pernah sekalipun takluk. Mereka bermain seri 1-1 dengan Turki dan unggul 2-0 atas Islandia.
"Mungkin kita sudah pernah mengalaminya (tampil tanpa penonton), tetapi kami juga tetap harus beradaptasi secepat mungkin," ujar Modric.
Sementara catatan laga tandang Inggris relatif mentereng saat berstatus sebagai tim tamu. Sejak 2017 lalu, The Three Lions hanya dua kali keok di kandang lawan. Yakni saat takluk 0-1 dari Jerman dan kalah tipis 2-3 di markas Prancis.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white