kumparan
24 Des 2017 15:59 WIB

Terens Puhiri yang Akan Belajar Banyak dari Sepak Bola Thailand

Terens Puhiri gabung Thai Port FC. (Foto: Dok. Thai Port FC)
Terens Owang Priska Puhiri, pemain sayap asal Jayapura itu, musim depan akan menapaki babak baru dalam karier sepak bolanya.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, tidak mengherankan pemain bertubuh mungil itu digaet oleh salah satu klub asal Thailand, Thai Port FC. Pasalnya, jelang berakhirnya kompetisi Liga 1, Terens sempat mengejutkan publik sepak bola nasional, bahkan internasional, melalui gol sensasionalnya.
Kala itu, pada laga pekan ke-31 GoJek Traveloka Liga 1 yang mempertemukan Borneo FC dengan Mitra Kukar, Terens melakukan sebuah serangan balik sendirian yang berujung gol. Memanfaatkan gagalnya sepak pojok Mitra Kukar, pemain mungil bernomor punggung 28 ini berlari sambil menggiring bola dari area permainannya sendiri sebelum mengakhiri aksinya itu dengan melewati penjaga gawang Mitra Kukar dan menceploskan bola ke gawang kosong.
Atas aksinya tersebut, nama Terens pun membumbung tinggi dan itulah yang membuat Thai Port FC kemudian kepincut.
ADVERTISEMENT
"Saya akan di sana selama satu musim kompetisi. Di sana tentu saya berharap bisa menambah kemampuan sepak bola dan memperkaya pengalaman saya," ujar Terens pada Malam Penghargaan Go-Jek Traveloka Liga 1, Jumat (22/12/2017) lalu.
Berlabuhnya Terens ke Thailand patut diapresiasi. Pasalnya, sepak bola "Negeri Gajah Putih" tengah dalam masa-masa emasnya. Menurut situs resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), saat ini Thai Premier League (TPL) adalah kompetisi terbaik di Asia Tenggara. Mereka mengangkangi Malaysia, Singapura, Filipina, dan juga Indonesia.
Video
Terens pun tak menampik bahwa kompetisi yang kompetitif di Thailand membuatnya jatuh hati. Kendati begitu, ada banyak persiapan dan sedikit kendala yang akan dilaluinya selama satu musim di sana.
ADVERTISEMENT
"Tentu persoalan bahasa menjadi masalah, ya, tetapi saya berusaha beradaptasi dengan cepat. Saya rasa itu tidak akan lama karena orang-orang di sana menyambut kedatangan saya dengan sangat baik dan itu membuat saya percaya diri," ucap penggawa 21 tahun ini.
"Saya berharap bisa menunjukkan performa terbaik saya di sana. Saya juga akan belajar banyak karena di sana ada banyak pemain berbakat yang akan membantu saya," tutup Terens.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan