kumparan
16 Oktober 2019 20:10

Timnas Futsal Indonesia Siap Tempur di Piala AFF

Timnas Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia. Foto: Ferry Adi/kumparan
Timnas Futsal Indonesia akan tampil di Piala AFF 2019 pada 21-27 Oktober di Vietnam. Skuat Garuda tergabung di Grup B bersama Malaysia, Australia, dan Vietnam.
ADVERTISEMENT
Optimisme diapungkan tim asuhan Kensuke Takahashi. Alasannya, Timnas Futsal sudah sangat siap berbekal pemusatan latihan jangka panjang tiga sampai empat bulan.
Selain itu, uji coba berkelas internasional sudah dicicipi Bambang Bayu Saptaji dan kolega. Terhitung, ada 12 laga internasional yang dilakoni sepanjang pemusatan latihan.
Empat uji coba digelar di Thailand pada Agustus. Indonesia juga ikut MNC Cup yang diisi Timnas Uzbekistan, Taiwan, dan KL City FC (wakil Malaysia). Sisanya, Timnas Futsal berlatih tanding di Jepang selama dua pekan pada awal Oktober 2019.
“Persiapan kami untuk Piala AFF terbilang matang. Mudah-mudahan bisa memberikan hasil menggembirakan. Terpenting, pemain harus menjaga kondisi, kekompakan, dan kepercayaan diri. Itu pesan Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI)—Hary Tanoesoedibjo,” ujar Syafril Nasution, Wakil Ketua Umum FFI, saat pelepasan timnas futsal, Rabu (16/10/2019).
ADVERTISEMENT
Syafril juga membakar semangat penggawa Garuda. Ia menyampaikan pesan Ketum FFI bahwa akan ada hadiah istimewa bila meraih juara.
Wakil Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia, Syafril Nasution
Wakil Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia, Syafril Nasution. Foto: Ferry Adi/kumparan
Keyakinan serupa juga diutarakan sang pelatih. Kensuke yakin rangkaian uji coba membuat anak asuhnya sangat siap. Bahkan, pada pemusatan latihan di Jepang, Kensuke memilih lawan sesuai karakter tim yang akan dihadapi di Piala AFF.
“Saat kami di Jepang, kami memperhitungkan lawan uji coba. Kami memilih lawan sesuai tim yang dihadapi di turnamen sesungguhnya nanti. Ada lawan yang mirip Thailand atau Malaysia. Saya rasa pemain menjadi terbiasa menghadapi lawan-lawan nanti di Piala AFF,” kata Kensuke.
Indonesia akan menghadapi Malaysia pada partai perdana grup. Kensuke lantas memberi perhatian khusus.
Pasalnya, Malaysia kerap menjadi batu sandungan. Secara kualitas, tim Negeri Jiran sebetulnya tak begitu mentereng. Hanya, faktor psike Indonesia ketika menghadapi Malaysia punya pengaruh besar di lapangan.
ADVERTISEMENT
“Saya rasa tidak ada strategi khusus. Kami punya bekal sangat cukup untuk turnamen ini. Kami selalu siap menghadapi siapa pun lawan. Saya rasa setiap pertandingan pertama selalu penting karena akan menjadi penentu laga selanjutnya,” tutur Kensuke.
Menilik faktor nonteknis itu, manajer timnas futsal merasa perlu memberi motivasi lebih untuk menghadapi Malaysia.
“Ya, itu pekerjaan rumah saya. Tanggung jawab seorang manajer dalam urusan nonteknis, seperti psike. Kalau bicara teknis, tim ini luar biasa jauh lebih bagus. Ada perkembangan signifikan dari mulai uji coba di Thailand sampai Jepang. Jauh lebih kompak dan siap. Komposisi pemain senior dan junior juga bagus,” kata Dimas Kurniawan, manajer Timnas Futsal.
Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi
Pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi. Foto: Ferry Adi/kumparan
Pemain Timnas Futsal U-20 juga turut dipanggil Kensuke. Mereka ialah M. Rizky Xavier dan Firman Ardiansyah.
ADVERTISEMENT
Timnas Futsal Indonesia kali ini punya target jangka panjang. Soalnya, tiga besar di Piala AFF otomatis akan ke putaran final Piala AFC 2020. Selanjutnya, skuat Garuda mengincar empat besar Piala AFC agar mendapat tiket ke Piala Dunia 2020.
“Target Timnas Indonesia, seperti disampaikan Ketum FFI, harus ke Piala Dunia. Untuk ke sana ada tahapan yang harus dilalui,” kata Syafril.
Daftar Pemain Timnas Futsal Piala AFF 2019
Kiper
Muhammad Albagir
Muhammad Iksan Rahadian
Anchor
Rio Pangestu
Marvin Alexa
M. Rizki Xavier
Flank
Ardiansyah Nur
Bambang Bayu Saptaji
Randy Satria
Ardiansyah Runtuboy
M. Iqbal Iskandar
Firman Ardiansyah
Pivot
Syahidansyah Lubis
Andri Kustiawan
Subhan Faidasa
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan