kumparan
17 November 2018 21:53

Timnas Indonesia Mengais Peluang Lolos ke Semifinal

Pemain Timnas Indonesia, Timor Leste, AFF Suzuki Cup 2018
Hansamu, Lilipaly dan Gavin Kwan menyambangi Tribun Penonton usai menang 3-1 melawan Timor Leste pada AFF Suzuki Cup 2018 di SUGBK. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Kekalahan harus dirasakan Timnas Indonesia manakala melawat ke Stadion Rajamangala, Bangkok. Berhadapan dengan tuan rumah Thailand dalam partai lanjutan Piala AFF 2018, Sabtu (17/11/2018), Timnas Indonesia menyerah dengan skor 2-4.
ADVERTISEMENT
Dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia turun dua tangga ke peringkat keempat dengan koleksi tiga angka. Hasil itu didapat setelah meraih satu kemenangan dan dua kekalahan.
Sedangkan, Thailand masih kokoh di puncak klasemen dengan enam angka dari dua laga. Mereka memiliki nilai serupa dengan Filipina yang berada di peringkat kedua tetapi unggul selisih gol. Hasil itu tak lepas dari kemenangan Filipina atas Timor Leste dengan skor 3-2.
Lantas, dengan kekalahan itu, masih adakah peluang bagi skuat ‘Garuda’ menapaki partai semifinal?
Dengan menempati tempat keempat, posisi Timnas Indonesia saat ini sangat terjepit. Pasalnya, skuat asuhan Bima Sakti telah memainkan tiga laga. Sementara, Thailand Filipina, dan Singapura baru memainkan dua pertandingan.
Pada Rabu (21/11) mendatang, Filipina akan menjamu Thailand, sementara Singapura bakal berhadapan dengan Timor Leste. Dan, partai Filipina vs Thailand bisa saja menjadi penentu bagi langkah Timnas Indonesia di Piala AFF tahun ini.
ADVERTISEMENT
Jika Filipina vs Thailand berakhir dengan hasil imbang, maka nilai kedua tim menjadi tujuh. Dengan begitu, petualangan Indonesia di Piala AFF 2018 dipastikan terhenti di fase grup karena nilai kedua tim tersebut tak akan terkejar, apapun hasil dari Indonesia vs Filipina dalam laga pamungkas pada 25 November mendatang.
Ya, peluang Timnas Indonesia ke semifinal bakal sangat bergantung dengan hasil dari tim lain. Akan tetapi, harapan itu bukan berarti sudah sama sekali tertutup.
Hansamu Yama dan kolega bisa saja menjejak babak empat besar dengan berharap Thailand menyapu bersih dua laga sisa melawan Filipina dan Singapura. Dengan begitu, Timnas Indonesia 'tinggal' mengalahkan Filipina dalam laga pamungkas nanti.
Selama perhelatan Piala AFF, Timnas Indonesia sudah tiga kali tercatat tak berhasil lolos dari fase grup yakni pada edisi 2007, 2012, dan 2014.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan