kumparan
19 Februari 2020 17:49

Timnas Indonesia Pakai Teknologi Khusus untuk Pantau Fisik Pemain

PTR - Latihan FIsik Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memantau latihan skuat asuhannya di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Enam hari sudah Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di bawah kepemimpinan manajer pelatih Shin Tae-yong. Sepanjang kegiatan yang dimulai sejak akhir pekan lalu, fisik terus menjadi menu latihan pemain.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 32 pemain menjalani latihan di Lapangan G Kompleks SUGBK, Rabu (19/2). Sesi ini sedikit berbeda ketimbang hari-hari sebelumnya.
Staf pelatih Garuda lebih melihat pada kecepatan, kelincahan, kekuatan serta kebugaran pemain. Oleh karena itu, setiap pemain diberikan peralatan khusus berupa chip di rompi belakang.
Peralatan tersebut juga meliputi lampu dan sensor yang didirikan di lapangan menggunakan penyangga berkaki tiga. Jika lampu menyala, pemain mesti mengikuti arah lampu tersebut. Lampu itu akan dinyalakan secara acak.
Latihan FIsik Timnas Indonesia
Pesepak bola Timnas Indonesia berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakart. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Data pergerakan pemain terekam dalam perangkat lunak. Hasilnya dapat diakses melalui komputer atau gawai, lalu dianalisis lalu dievaluasi. Salah satu pemain sayap Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengaku menikmati sesi latihan selama belakangan ini.
"Enggak terlalu berat juga menurut saya karena sejak awal pelatih memang sudah mengatakan bahwa sesi latihan akan berkutat di menu fisik," ujar Saddil usai latihan.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Saddil, Alfreanda Dewangga, juga menikmati latihan yang diberikan sang pelatih. Dewa, demikian pemain PSIS Semarang itu disapa, sudah tak canggung karena pernah mencicipi menu latihan yang sama saat berlatih dengan Timnas U-19 Indonesia.
"Fokus Coach Shin memang melatih fisik. Karena saya pemain belakang, menu latihannya juga belum ke taktik. Namun, saya dikasih tahu soal bagaimana menempatkan posisi saja. Baru itu," kata Dewa.
Latihan FIsik Timnas Indonesia
Pesepak bola Timnas Indonesia berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, . Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan yang berlangsung sejak 14-23 Februari 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.
Kegiatan yang diikuti kombinasi para pemain senior dan junior itu digelar sebagai persiapan menghadapi laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.
Pada agenda kualifikasi itu, Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand pada 26 Maret mendatang dan berselang lima hari kemudian, tepatnya pada 31 Maret, Indonesia akan menjamu Uni Emirat Arab.
ADVERTISEMENT