kumparan
Bola & Sports22 September 2018 13:09

Timnas U-16 Sudah Hafal Gaya Main Vietnam

Konten Redaksi kumparan
Fakhri Husaini
Coach Fakhri Husaini di laga Timnas U-16 vs Timnas Iran U-16. (Foto: Adam Aidil, AFC.)
Perjuangan Timnas Indonsia U-16 di Piala Asia U-16 2018 masih akan berlanjut. Setelah mengalahkan Iran U-16 di partai perdana, Timnas U-16 bakal berhadapan dengan Vietnam U-16 dalam laga kedua Grup C.
ADVERTISEMENT
Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia akan kembali menjadi saksi perjuangn skuat 'Garuda Asia' pada Senin (24/9/2018) mendatang. Sepak mula akan dimulai pada pukul 20:45 waktu setempat atau pukul 19:45 WIB.
Kemenangan tentu saja menjadi target yang diusung oleh David Maulana dan kolega. Karena dengan tambahan tiga angka, satu kaki Timnas U-16 sudah menapaki babak perempat final.
Pertemuan antara Timnas U-16 dengan Vietnam sejatinya juga sudah terjadi berulang kali. Dimulai pada Turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017, Jenesys Cup 2018, hingga Piala AFF 2018. Pada ketiga turnamen itu, Timnas U-16 mampu melibas Vietnam.
Melihat rekam jejak pertemuan itu, pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini, mengaku sudah hafal degan gaya main Vietnam, dan sebaliknya. Pemain Vietnam yang dibawa ke Piala Asia, lanjut Fakhri, juga serupa dengan ketiga turnamen tersebut.
ADVERTISEMENT
"Vietnam tim yang sama saat kami hadapi di Tien Phong, Jenesys, dan Piala AFF. Hanya ada beberapa perubahan pemain. Tapi, dari mulai gaya main sampai formasi semuanya sama," kata Fakhri usai memimpin latihan Timnas U-16 di Stadium Mini Persada Plus, Petaling Jaya, Malaysia, Sabtu (22/9).
"Jadi, sudah tahu sama tahu. Enggak perlu lagi saling menonton (pertandingan) atau cari-cari rekaman video. Ya, anggap saja latihan bersama," ucapnya.
Timnas Indonesia U-16
Pemain Iran U-16, Yasin Salmani, melakukan duel udara dengan pemain Timnas Indonesia U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9). (Foto: Adam Aidil/2018 Asian Football Confederation (AFC))
Kalaupun nantinya akan ada beberapa perubahan dari tim lawan, Fakhri tak memusingkan hal tersebut. Ia mengaku hanya akan fokus kepada timnya guna meraih poin penuh berikutnya.
"Kami main dengan cara kami. Untuk strategi tergantung dari kebugaran dua pemain yang cedera (Brylian Neghieta dan M. Supriadi). Mungkin akan ada perubahan strategi dan taktik kalau mereka belum sembuh," katanya.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Timnas U-16 memimpin klasemen dengan tiga angka. Mereka hanya unggul selisih gol atas India U-16 yang berada di bawahnya, sedangkan Vietnam menempati posisi ketiga usai kalah 0-1 dari India pada laga sebelumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan