Bola & Sports
·
28 Oktober 2020 15:34

Timnas U-19 Berpotensi Diperkuat Pemain Naturalisasi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Timnas U-19 Berpotensi Diperkuat Pemain Naturalisasi (513670)
Elkan Baggot. Foto: Instagram/@elkanbaggott
Timnas U-19 besar kemungkinan akan diperkuat pemain naturalisasi. Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI dan pelatih Shin Tae-yong mengindikasikan hal tersebut.
ADVERTISEMENT
"Soal naturalisasi, kami mendengar itu semua. Semua info harus diserap di Timnas. Ada 30 pemain yang kita lihat, CV-nya kita lihat lalu lempar ke legal PSSI apakah secara statuta atau UUD memungkinkan," kata Indra Sjafri kepada wartawan.
"Lalu, kami lihat videonya, ada tujuh nama [yang masuk daftar pertimbangan naturalisasi], lalu Pak Ketum [PSSI, Mochamad Iriawan] melihat, sehingga dua pemain itu yang datang," lanjutnya.
Timnas U-19 Berpotensi Diperkuat Pemain Naturalisasi (513671)
Pemain baru Timnas Indonesia U-19 Luah Mahessa dan Kelana Mahessa. Foto: Instagram/@pssi
Dua pemain yang dimaksud itu adalah Kelana dan Luah Mahessa. Jadi, kurang lebih seperti itulah cara PSSI memilah dan memilih pemain naturalisasi potensial dan kemungkinan bisa saja metode itu kembali diterapkan.
Lebih lanjut, Shin Tae-yong menerangkan bahwa sudah ada beberapa pemain keturunan dan naturalisasi Indonesia yang sudah masuk radarnya. Setidaknya, ada sembilan.
ADVERTISEMENT
"Ada salah informasi juga. Tadi ada yang bilang 7 pemain keturunan, tapi sebenarnya ada 9 pemain, sudah dibicarakan ke PSSI. Dari 9 pemain, 2 pemain sudah dicek di Kroasia. Sisanya akan dicoba, tetapi belum ada schedule yang jelas TC akan ke mana," terang si pelatih asal Korea Selatan.
"Misalnya, seperti plan A, kita ke Belanda, sebisa mungkin kami akan melihat pemain keturunan itu. Dan setelah itu, akan ambil keputusan akan dinaturalisasi atau tidak. Tergantung pemain itu mau dinaturalisasi atau tidak," lanjutnya.
Timnas U-19 Berpotensi Diperkuat Pemain Naturalisasi (513672)
Jack Brown dengan jersi Timnas Indonesia. Foto: Instagram/@jack9brown
"Soal 5 pemain keturunan diganti jadi 7, tidak bisa dikasih tahu [sekarang]. Tetapi kalau sudah ada keputusan pemain tersebut sudah jadi WNI, PSSI akan memberikan informasi."
"Kedua pemain ini bersaudara. Untuk kakaknya, Saya senang. Adiknya, kurang [mengesankan] dari kakaknya. Tapi kita tidak bisa ambil keputusan dari sekali penampilan. Mungkin akan dilihat lagi ke depan."
ADVERTISEMENT
Jadi untuk sekarang, ada beberapa hal yang memang belum bisa dipublikasikan lebih lanjut. Yang pasti, Shin Tae-yong dan PSSI mencari pemain di semua posisi.
"Untuk syarat mencari pemain naturalisasi, ada darah Indonesia. Posisi mana yang dicari, posisi tidak bisa disebut. Tetapi jujur yang dicari untuk semua posisi. Jadi walaupun mencari pemain naturalisasi, mereka belum tentu mau jadi. Jadi saya minta maaf tidak bisa menjelaskan lebih detail mengenai pemain naturalisasi," pungkas Shin.
---
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.