kumparan
8 November 2019 21:16

Timnas U-19 Hantam Hong Kong Empat Gol Tanpa Balas

Timnas Indonesia U-19, Hong Kong, AFC U-19, POTRAIT
Pemain Timnas Indonesia U-19 M Supriadi (kanan) berusaha melewati pemain Timnas Hong Kong U-19 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Timnas U-19 Indonesia melanjutkan catatan kemenangan di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Melawan Hong Kong pada Jumat (8/11/2019) di Stadion Madya, Timnas U-19 menang 4-0.
ADVERTISEMENT
Gol-gol kemenangan Timnas U-19 dicatatkan atas nama Amiruddin Bagas Kaffa (24'), Muhammad Fajar Faturrahman (29'), David Maulana (60'), dan Amiruddin Bagus Kahffi (90+4').
Tambahan tiga angka ini memperkokoh posisi Timnas U-19 di puncak klasemen Grup K dengan koleksi enam poin. Hong Kong ada di tempat ketiga dengan satu poin.
Timnas Indonesia U-19, Hong Kong, AFC U-19
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak gol ke gawang Timnas Hong Kong U-19 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini masih turun gelanggang dengan wadah 4-3-3. Sebagian besar pemain yang masuk daftar starting XI adalah mereka yang berlaga melawan Timor Leste.
Pembedanya adalah Moch. Supriadi yang menggantikan Sutan Zico dan Brylian Aldama yang menggantikan Theo Fillo.
Timnas U-19 langsung tancap gas sejak peluit babak pertama dibunyikan. Serangan via tepi sayap kiri yang dihuni Supriadi jadi tempat di mana mereka mendulang serangan.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Hong Kong terlebih dahulu memberikan terapi kejut yang melanjutkan sepak pojok. Namun, upaya itu masih bisa digagalkan 0leh kiper.
Timnas U-19 langsung memberikan respons dua menit setelahnya lewat upaya Beckham Putra dan Bagus Kahfi. Namun, upaya itu masih mentah di hadapan penjaga gawang Hong Kong, Lo Sui Kei.
Terus memberikan hujan tekanan, Timnas U-19 akhirnya membuka keran angka saat laga memasuki menit ke-25 lewat gol Bagus yang mengonversi umpan chip David.
Unggul satu gol, Timnas U-19 kian bernafsu menambah keunggulan. Itu dibuktikan dengan kegigihan mereka mengurung pertahanan Hong Kong.
Hasilnya manis. Hanya berselang lima menit dari gol pembuka, Fajar menggandakan keunggulan Timnas U-19 usai menerima umpan cut-back Supriadi yang sebelumnya sukses melepaskan diri dari dua kawalan bek Hong Kong.
ADVERTISEMENT
Dalam kedudukan 2-0, tempo laga sedikit melambat. Meski masih mendominasi penguasaan bola, kedudukan tidak berubah sehingga Timnas U-19 membawa keunggulan 2-0 ke ruang ganti.
Timnas Indonesia U-19, Hong Kong, AFC U-19
Pemain Timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagas Arrizqi (kiri) menendang bola ke arah gawang Timnas Hong Kong U-19 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Memasuki babak kedua, Timnas U-19 masih mendominasi jalannya laga. Sepanjang 10 menit lepas turun minum, ada dua kans yang tercipta via Bagus dan Fajar. Namun, buruknya penyelesaian akhir masih menjadi masalah.
Gol ketiga lahir pada menit ke-60. David Maulana mengantar Timnas U-19 pada keunggulan 3-0 melalui tendangan bebas langsung. Tendangan bebas itu merupakan hadiah yang diberikan wasit atas pelanggaran pemain Hong Kong kepada Supriadi.
Tempo permainan melambat lagi. Timnas U-19 yang sudah unggul tak lagi buru-buru mencetak gol. Bahkan mereka baru mendapatkan kans pada menit ke-80 melalui akselerasi Bagas. Sayangnya, keputusan mengeksekusi tembakan ke gawang malah membikin peluang terbuang.
ADVERTISEMENT
Hong Kong tak bisa berbuat banyak. Pada babak kedua, tak sebiji peluang mereka ciptakan. Timnas U-19 yang mengedepankan penguasaan bola memaksa mereka bermain menunggu.
Timnas U-19 kembali mencetak gol di injury time. Bagus menggenapkan keunggulan Timnas U-19 jadi 4-0 lewat sepakan penalti. Barangkali itu menjadi salah satu cara terasyik untuk menutup laga.
-----
Dukung terus Timnas Indonesia di berbagai ajang dan saksikan serunya rangkaian kegiatan pertandingan 'Skuat Garuda' hanya di Mola TV.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan