kumparan
11 Maret 2019 20:06

Timnas U-23: Saddil Datang, Egy Menyusul, Ezra Tak Jelas

Saddil Ramdani
Pemain Timnas Indonesia U19 Saddil Ramdani melakukan selebrasi usai mencetak gol. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Satu wajah baru tampak hadir dalam skuat Timnas U-23 Indonesia. Adalah Saddil Ramdani yang sudah bergabung dalam latihan yang berlangsung di Stadion Madya Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (11/3/2019).
ADVERTISEMENT
Saddil diizinkan oleh klubnya, Pahang FA, untuk bergabung dengan Timnas U-23 guna mempersiapkan diri menjelang kualifikasi Piala Asia U-23 2020 pada 22-26 Maret mendatang. Sebelumnya, Saddil harus absen kala rekan-rekannya berlaga di Piala AFF U-22 2019 di Kamboja pada bulan lalu.
Pada hari pertama latihan, Saddil mengaku senang akhirnya bisa bergabung bersama rekan-rekannya. Akan tetapi, mantan pemain Persela Lamongan itu sempat merasakan sesak selama latihan karena perbedaan cuaca antara Malaysia dengan Indonesia.
"Alhamdulillah, saya merasa senang dan bangga apalagi kawan-kawan yang mengikuti ajang Piala AFF kemarin jadi juara. Saya sangat bangga berada di sini," ujar Saddil usai latihan.
"Tadi, saya pertama latihan agak sesak karena mungkin kondisi cuaca juga di sini. Kalau Malaysia tidak terlalu panas, kalau di sini panas. Tapi, tidak jadi masalah karena saya sudah pernah berada di keluarga Timnas U-23 sebelumnya," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Egy Maulana Vikri
Egy Maulana Vikri pada laga versus Taiwan. Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA
Saddil merupakan satu dari tujuh pemain baru yang dipanggil pelatih Indra Sjafri untuk mengkuti pemusatan latihan Timnas U-23. Selain Saddil, dua nama lainnya ialah Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian.
Khusus Egy, Indra mengatakan penggawa Lechia Gdansk itu akan segera bertolak ke Jakarta pada Selasa (12/3) malam. Ia juga yakin pemain kelahiran Asam Kumbang, Medan, itu akan cepat dalam beradaptasi meski harus menghadapi perbedaan cuaca yang jauh berbeda.
"Dia (Egy) ada 10 hari untuk adaptasi. Jadi, kalau manusia itu beradaptasi ke tempat lain itu maksimal 3x24 jam. Ini 10x24 jam, jadi oke. Tidak perlu risau," kata Indra.
Kendati demikian, hingga kini keberadaan Ezra masih belum jelas. Indra pun menolak bahwa akan mencoret nama penggawa RKC Waalwijk itu.
ADVERTISEMENT
Pemain Timnas U-22, Ezra Walian
Pemain Timnas U-22, Ezra Walian. Foto: Alan Kusuma/kumparan
"Siapa yang bilang dicoret? Dia (Ezra) hadir ke sini, saya lihat. Kalau tidak cocok dengan skema saya, dan kemampuannya sama dengan dua striker (Marinus Wanewar dan Dimas Drajad), saya pertahankan anak yang juara. Mereka pernah juara, punya mental juara," pungkasnya.
Di kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Timnas U-23 tergabung ke dalam Grup K bersama tuan rumah Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan