Bola & Sports
·
10 Desember 2019 17:02

Timnas U-23 vs Vietnam: Pendukung Kedua Tim Mulai Padati Stadion

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Timnas U-23 vs Vietnam: Pendukung Kedua Tim Mulai Padati Stadion (234152)
Suporter Indonesia di Stadion Rizal Memorial. Foto: kumparan/Aditia Rijki Nugraha
Final sepak bola putra antara Timnas U-23 Indonesia dan Vietnam, Senin (10/12/2019), baru akan dimulai pukul 20:00 malam waktu setempat atau 19:00 malam WIB, tapi pendukung kedua suporter sudah memadati area stadion.
ADVERTISEMENT
Dari pantuan kumparanBOLA di lokasi, tiga jam sebelum sepak mula, pukul 17:00 waktu setempat, pendukung Timnas U-23 dan Vietnam tampak sudah mendatangi Stadion Rizal Memorial, venue berlangsungnya partai final.
Dari kubu Indonesia, kami menemui sekelompok suporter dari Bandung. Bahkan, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, turut hadir ke Filipina bersama kelompok suporter Tanah Air.
Timnas U-23 vs Vietnam: Pendukung Kedua Tim Mulai Padati Stadion (234153)
Suporter Vietnam di Stadion Rizal Memorial. Foto: kumparan/Aditia Rijki Nugraha
Yana menyebut ia bersama sekitar 50 orang lain yang terdiri dari KONI Bandung memang sengaja datang untuk mendukung Timnas U-23 sekaligus memberi apresiasi kepada atlet asal Kota Kembang yang meraih medali di SEA Games 2019.
"Kami sampai kemarin malam, di sini (Filipina) sampai tanggal 12. Besok kami akan menonton upacara penutupan. Ada 50 orang dari rombongan kami," kata Yayan.
ADVERTISEMENT
Suporter Indonesia sendiri, ketika berita ini dibuat, masih kalah jumlah dari suporter Vietnam yang sudah tiba di stadion.
Salah satu suporter Vietnam, Ngo Minh Thang, bahkan menyebut ia datang bersama rombongan yang menyewa 8 pesawat dari Vietnam ke Manila. Satu pesawat disebutnya terdiri dari 180 penumpang.
Timnas U-23 vs Vietnam: Pendukung Kedua Tim Mulai Padati Stadion (234154)
Suporter Vietnam di Stadion Rizal Memorial. Foto: kumparan/Aditia Rijki Nugraha
"Kami menyewa pesawat (charter flight). Kami berangkat dari tiga kota yang berbeda, Hanoi, Da Nang, dan Ho Chi Minh," ujar Thang.
Banyaknya suporter yang bakal memadati laga Timnas U-23 vs Vietnam sudah diprediksi sebelumnya. Pasalnya, sejak satu hari yang lalu, tiket pertandingan sudah ludes terjual.
Salah satu faktor yang membuat laga ini begitu menarik animo adalah kesamaan Indonesia dan Vietnam yang telah menunggu lama untuk meraih medali emas sepak bola di SEA Games.
ADVERTISEMENT
Indonesia terakhir kali meraihnya pada edisi 1991 atau 28 tahun lalu, sedangkan Vietnam sudah menunggu selama 60 tahun lamanya sejak terakhir mendapatkan pada 1959.