kumparan
4 Juni 2018 16:17

Tite Dukung Kepindahan Fred ke Manchester United

Fred
Fred melepaskan umpan kepada rekan setimnya. (Foto: Andreas Solaro/AFP)
Langkah Manchester United untuk mendapatkan Fred kian dekat. Menurut BBC, gelandang berusia 25 tahun itu akan merapat ke Old Trafford di pekan ini.
ADVERTISEMENT
Ngomong-ngomong, kepindahan Fred dari Shakhtar Donetsk juga didukung penuh oleh Tite. Bukan apa-apa, nakhoda Tim Nasional Brasil itu ingin masa depan anak asuhnya jelas sebelum Piala Dunia bergulir. Sebab spekulasi masa depan berpotensi mengganggu performa pemain, termasuk Fred itu sendiri.
"Ketika ini terjadi, dan tidak bisa dihindari, mereka (United) akan datang kepada kami. Saran kami kepada mereka adalah menyelesaikan ini secepat mungkin, sehingga dia (Fred) bisa kembali bersama kami dan fokus pada tim nasional," kata Tite.
Di sisi lain, Tite juga memandang Fred adalah pemain penting untuk tim mana pun. Ia tak heran melihat United kepincut untuk mendapatkannya.
"Jika saya adalah seorang manajer, saya akan meminta untuk mengontraknya juga," kata Tite.
ADVERTISEMENT
Visi serta kemampuannya bermain dinamis sebagai gelandang sentral jadi nilai jual Fred. Itulah mengapa Tite mendaftarkannya ke dalam 23 skuat Brasil untuk Piala Dunia mendatang --meski pada praktiknya pelatih berusia 57 tahun itu masih mengandalkan Fernandinho, Casemiro, dan Paulinho di sektor tengah.
Kelebihan itu pula yang membuat United tertarik. Kendati sudah memiliki tujuh gelandang, lini tengah 'Iblis Merah' tak bisa dibilang komplet. Mourinho kerap dipusingkan untuk memilih salah satu dari dua aspek penting: kreativitas dan bertahan. Alasannya, tak ada pemain yang piawai dalam bertahan sekaligus mahir dalam menginisiasi serangan.
Tite, pelatih Timnass Brasil
Tite, pelatih Timnass Brasil. (Foto: AFP/Philippe Huguen)
Dalam hal ini, Fred adalah jawaban logis atas kekurangan United tersebut. Di Liga Champions musim lalu, Fred membukukan 2,9 sapuan dan 1,1 intersep per laga. Ia juga menjadi salah satu gelandang yang memiliki rasio bertahan paling tinggi di turnamen. Kemampuannya dalam mendistribusikan bola juga ciamik.
ADVERTISEMENT
Persentase akurasi umpan Fred menyentuh 85.9%, dari kalkulasi 56,8 umpan per laga. Satu aspek lagi yang jadi keunggulan Fred, yakni kemampuannya dalam melepaskan tembakan. Dari total 13 percobaan ke gawang lawan, sembilan di antaranya mengenai sasaran.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan