Bola & Sports
·
10 Juni 2021 21:15
·
waktu baca 2 menit

Top Skor Euro di 5 Edisi Terakhir: Tak Selalu dari Negara Juara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Top Skor Euro di 5 Edisi Terakhir: Tak Selalu dari Negara Juara (34300)
Pemain Timnas Portugal Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Timnas Spanyol Pau Torres pada pertandingan persahabatan di stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol. Foto: JAVIER SORIANO / AFP
Euro 2020 akan segera dimulai. Sebanyak 24 negara akan bersaing memperebutkan gelar juara turnamen antarnegara Eropa itu.
ADVERTISEMENT
Yang menarik dari penyelenggaraan Euro bukan cuma soal siapa yang juara. Siapa yang akan menjadi pendulang gol terbanyak juga ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepak bola.
Nah, di sini kami akan mengingatkan kembali siapa-siapa saja top skor Euro di lima edisi terakhir. Silakan disimak.

Euro 2000: Savo Milosevic & Patrick Kluivert

Ada dua yang menjadi pencetak gol terbanyak di Euro 2000. Penyerang tuan rumah, Patrick Kluivert menjadi salah satunya.
Kluivert berhasil mendulang lima gol dari lima laga yang dimainkan. Sementara, Savo Milosevic membuat lima gol dalam empat pertandingan.
Sayangnya, tak ada dari kedua pemain itu yang keluar sebagai juara bersama negaranya. Di musim itu, Prancis yang menjadi juara usai mengalahkan Italia.
ADVERTISEMENT

Euro 2004: Milan Baros

Lagi-lagi, top skor Euro kali ini bukan dari tim yang juara. Kali ini Milan Baros yang menjadi top skor usai membuat lima gol di lima pertandingan.
Republik Ceko cuma sampai semifinal. Mereka dikalahkan Yunani yang akhirnya keluar sebagai juara.

Euro 2008: David Villa

Top Skor Euro di 5 Edisi Terakhir: Tak Selalu dari Negara Juara (34301)
Lopetegui bersama striker Spanyol, David Villa. Foto: Susana Vera/Reuters
Kali ini, top skor berasal dari tim yang menjadi juara. Adalah David Villa yang berhasil meraih top skor dengan torehan empat gol dari empat pertandingan.
Kendati begitu, bukan Villa yang menjadi penentu kemenangan Spanyol di final. Saat itu, Fernando Torres yang membuat gol kemenangan atas Jerman.

Euro 2012: Dzagoev, Mandzukic, Ronaldo, Gomez, Torres, Balotelli

Ada enam pemain yang perolehan golnya sama di Euro 2012. Fernando Torres yang paling beruntung karena bisa keluar sebagai juara di Euro tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Keenam pemain itu berhasil membuat tiga gol sepanjang turnamen. Dzagoev dan Mandzukic yang paling klinis dengan tiga gol di tiga pertandingan.

Euro 2016: Antoine Griezmann

Top Skor Euro di 5 Edisi Terakhir: Tak Selalu dari Negara Juara (34302)
Antoine Griezmann saat membela Timnas Prancis. Foto: REUTERS/Umit Bektas
Kembali, top skor tak berasal dari tim yang menjadi juara. Di edisi 2016, Griezmann yang menjadi top skor dengan kemasan enam gol di tujuh laga.
Sayangnya, penghargaan Griezmann tak lengkap karena gagal membawa Prancis juara. Mereka kalah dari Portugal di laga puncak.