Bola & Sports
·
12 Juni 2021 3:53
·
waktu baca 2 menit

Turki vs Italia: Gli Azzurri Buka Euro 2020 dengan Menang Telak 3-0

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Turki vs Italia: Gli Azzurri Buka Euro 2020 dengan Menang Telak 3-0 (32969)
Pemain Timnas Turki, Burak Yilmaz saat melewati pemain Italia di pertandingan Euro 2020. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Italia berjaya saat menghadapi Turki dalam laga pertama Euro 2020 (Euro 2021). Bermain di Stadio Olimpico, Gli Azzurri menang telak 3-0 pada Sabtu (12/6) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Gol-gol kemenangan Italia hadir lewat aksi bunuh diri Merih Demiral (53'), Ciro Immobile (66'), dan Lorenzo Insigne (79').
Hasil ini membuat Italia meluncur ke puncak klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Sementara Turki mengisi posisi paling dasar.
Susunan Pemain
Turki: Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu; Kenan Karaman, Ozan Tufan, Yusuf Yazici, Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz.
Italia: Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.
Jalannya Pertandingan
Kick off Turki memulai Euro 2020. Italia langsung mendominasi jalannya pertandingan. Berardi nyaris menjadi masalah, namun usahanya bisa disetop Cakir.
Di menit 22, Chiellini berdiri bebas di dalam kotak penalti Turki dan bersiap menyambut tendangan sudut Insigne. Kiper Cakir melakukan penyelamatan dan membuat keluar lapangan.
ADVERTISEMENT
Italia terus mendominasi pertandingan. Mereka terus mencoba menemukan celah di lini pertahanan Turki. Namun, Demiral cs. mampu menahan serbuan yang datang.
Turki vs Italia: Gli Azzurri Buka Euro 2020 dengan Menang Telak 3-0 (32970)
Aksi duel antara Lorenzo Insigne dan Zeki Celik di pertandingan Italia vs Turki di Euro 2020. Foto: REUTERS/Alberto Lingria
Turki tak mampu menghadirkan serangan berarti ke gawang Italia. Mereka belum mencatatkan tendangan sama sekali dan cuma 33 persen menguasai bola.
Babak pertama ditutup dengan tendangan bebas Yazici usai dia dilanggar Locatelli. Skor 0-0 bertahan sampai turun minum.
Italia melakukan perubahan di babak kedua. Florenzi ditarik keluar, Giovanni Di Lorenzo turun sebagai penggantinya. Turki juga melakukan satu pergantian pemain. Yazici ditarik keluar dan Cengiz Under mendapat kesempatan tampil.
Perubahan itu ternyata berdampak positif untuk Italia. Mereka berhasil unggul duluan berkat gol bunuh diri Demiral di menit 53.
Gol tercipta berkat aksi Berardi menusuk masuk ke dalam kotak penalti. Dia berniat mengirim bola ke ke tengah kotak penalti. Bola menghantam badan Demiral sebelum akhirnya masuk ke dalam gawang.
Turki vs Italia: Gli Azzurri Buka Euro 2020 dengan Menang Telak 3-0 (32971)
Pemain Timnas Italia, Nicolo Barella mengontrol bola saat menghadapi pemain Turki di Euro 2020. Foto: Mike Hewitt/Pool/REUTERS
Unggul satu gol membuat Italia semakin semangat. Sebaliknya, Turki dibuat tak berkutik oleh Italia. Mereka sama sekali tak bisa membangun serangan.
ADVERTISEMENT
Italia terus menyerang dan berhasil menambah keunggulan di menit 66. Immobile mencetak gol itu usai menyambar bola muntahan dari tendangan Berardi yang bisa ditepis kiper Cakir.
Pasukan Roberto Mancini mengincar gol ketiga. Serangan demi serangan mereka lakukan ke gawang Turki. Gol yang dinanti itu pun tiba menjelang laga ditutup. Insigne memastikan kemenangan Italia dengan tendangan apik di menit 79.
Gol bermula dari kesalahan kiper yang membuat bola bisa diintersep oleh Italia. Bola pun sampai ke kaki Immobile yang meneruskannya ke Insigne. Berdiri tanpa kawalan, Insigne langsung melepaskan tendangan keras yang tak bisa ditahan kiper. Skor 3-0 bertahan sampai laga ditutup.