kumparan
search-gray
Bola & Sports28 Mei 2020 20:34

Umuh Muchtar Berharap PSSI Tak Gegabah Ambil Keputusan tentang Kelanjutan Liga 1

Konten Redaksi kumparan
Umuh Muchtar Berharap PSSI Tak Gegabah Ambil Keputusan tentang Kelanjutan Liga 1 (52028)
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Foto: Alan Kusuma/kumparan
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Umuh Muchtar, berharap PSSI tidak gegabah dalam mengambil keputusan soal kelanjutan Liga 1 2020. Ia ingin keputusan yang diambil memuaskan semua pihak.
ADVERTISEMENT
PSSI menggelar pertemuan virtual bersama 18 klub Liga 1 dan perwakilan PT LIB pada Rabu (27/5/2020). Dari hasil pertemuan itu, mayoritas klub Liga 1 menginginkan agar kompetisi musim 2020 dihentikan.
Umuh menghargai pendapat tersebut meski Persib ingin kompetisi dilanjutkan. Harapan Umuh, PSSI mampu menemukan jalan terbaik perihal kelanjutan kompetisi Liga 1 2020.
"(Jika kompetisi) dilanjutkan nanti untungnya bagaimana, tidak dilanjutkan untung ruginya bagaimana? Kita juga jangan gegabah ambil keputusan," ujar Umuh saat diwawancarai wartawan pada Rabu (27/5).
Umuh Muchtar Berharap PSSI Tak Gegabah Ambil Keputusan tentang Kelanjutan Liga 1 (52029)
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. Foto: Alan Kusuma/kumparan
"Menurut saya, tunggu saja dulu beberapa waktu ini. Lihat-lihat, mudah-mudahan COVID-19 ini besok atau lusa dalam seminggu atau dua minggu ini sudah reda. 'Kan kita masih ada waktu," tambahnya.
Umuh menyebut bahwa Persib tengah dilanda kegamangan. Menggelar laga tanpa penonton akan mengurangi pendapatan klub. Berangkat dari situ, ia berharap pertandingan bisa digelar dengan penonton.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Umuh juga menyadari bahwa potensi penyebaran virus corona akan makin besar jika penonton hadir ke stadion. Oleh karena itu, ia meminta pemangku kebijakan sepak bola Indonesia memperhitungkan segala macam kemungkinan dengan baik.
Umuh Muchtar Berharap PSSI Tak Gegabah Ambil Keputusan tentang Kelanjutan Liga 1 (52030)
Ada bobotoh pocong di laga Persib vs Arema Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
"Itu juga (soal penonton) harus diperhitungkan, kalau tanpa penonton. Di situ juga kita mengharapkan penonton agar jadi ramai. Namun, kalau ada penonton juga sangat riskan," lanjut Umuh.
"Akan tetapi, ya, kalau tanpa penonton, kita juga dari mana penghasilan tiketnya, sponsor, dan siapa juga yang mau? Itu harus diperhitungkan dengan matang. Jangan gegabah memutuskan karena COVID-19 ini sangat berbahaya," lanjutnya
Kelanjutan Liga 1 2020 juga bergantung pada keputusan pemerintah. PSSI memang berpatokan pada keputusan pemerintah pada 29 Mei yang menyatakan apakah status darurat bencana nasional dicabut atau tidak.
ADVERTISEMENT
"Insya Allah semua akan lancar dan baik beres. Tunggu saja dalam satu atau dua minggu ini. Masyarakat dan bobotoh, Insya Allah, kita berjuang semua ikut menyukseskan agar COVID-19 cepat selesai. Aturan dari pemerintah kita ikuti," ujar Umuh.
"Saya percayakan sama pemerintah, pemerintah sudah bagus memberikan imbauan-imbauan seperti ini," lanjut eks manajer Persib ini.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white