kumparan
1 Desember 2019 1:08

Undian Euro 2020: Prancis, Jerman, Portugal Satu Grup

Piala Eropa 2020
Matchday kesembilan Kualifikasi Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen
Euro 2020 akhirnya menjejak ke babak grup. Pengundian yang digelar pada Minggu (1/12/2019) menghasilkan enam grup.
ADVERTISEMENT
Setiap Tim Nasional akan bertarung dalam tiga matchday. Rinciannya, matchday pertama akan digelar pada 12-16 Juni 2020. Matchday kedua berlangsung pada 17-20 Juni 2020, dan matchday ketiga pada 21-24 Juni 2020.
Ukraina didikan Andriy Shevchenko menjadi tim pertama yang mendapat kepastian bakal berlaga di grup mana. Grup C, itulah hasilnya. Salah satu penantang serius yang tergabung di sini adalah Belanda.
Meski demikian, keberadaan tidak patut diremehkan, lho. Mereka menjadi salah satu tim kejutan di Kualifikasi Euro 2020. Tanyakan saja Portugal sehebat apa kiprah Ukraina. Ngomong-ngomong soal Grup C, dua penghuni lainnya adalah Austria dan satu pemenang play-off Path D.
Timnas Jerman (C)
Pemain-pemain Jerman merayakan gol ke gawang Belarusia. Foto: Reuters/Leon Kuegeler
Oke, beralih ke Grup F. Grup ini boleh disebut sebagai grup neraka. Bagaimana tidak? Di dalamnya ada Jerman, Portugal, dan juara Piala Dunia 2018, Prancis. Sementara, satu slot lagi diisi pemenang play-off Path A.
ADVERTISEMENT
Jika juara dunia ada di Grup F, runner up Piala Dunia 2018, Kroasia, tergabung di Grup D. Inggris menjadi salah satu lawan yang mesti diwaspadai meski Republik Ceko tidak bisa dipandang sebelah mata. Satu slot lagi diisi oleh pemenang play-off Path C.
Di Grup B, Belgia mesti bersaing ke babak gugur bersama Denmark, Finlandia, dan Rusia. Nah, Grup A diisi oleh Italia, Turki, Wales, dan Swiss. Sementara Grup E merupakan arena pertarungan untuk Spanyol, Swedia, Polandia, dan pemenang play-off Path B.
Berikut hasil pengundian grup untuk Euro 2020.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan