kumparan
6 November 2018 4:09

Valverde Deteksi Sinyal Kebangkitan Inter Milan

Ernesto Valverde Tejedor
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. (Foto: Reuters/Albert Gea)
Laga Inter Milan melawan Barcelona di Giuseppe Meazza, Rabu (7/11/2018) dini hari WIB, tak cuma menjadi pertarungan yang melibatkan dua tim teratas klasemen sementara Grup B, tetapi juga menyoal misi balas dendam dan kebangkitan Il Nerazzurri.
ADVERTISEMENT
Pada leg pertama pertemuan kedua tim, Barcelona menang 2-0 atas Inter di Camp Nou. Statistik pertandingan juga mengonfirmasi betapa superior Blaugrana atas sang lawan. Skuat asuhan Ernesto Valverde tersebut menguasai 68% permainan dan melepaskan 11 tembakan tepat sasaran. Barcelona pun masih menebar 10 ancaman di samping dwigol tersebut.
Namun, Valverde enggan menjadikan hasil dan jalannya leg pertama sebagai tolok ukur. Sebab, juru taktik berusia 54 tahun itu telah mendeteksi sinyal kebangkitan pasukan Luciano Spalletti tersebut.
Ya, Inter tengah dalam performa terbaik, khususnya dalam kompetisi domestik. Itu terlihat dari rentetan tujuh kemenangan beruntun Mauro Icardi dan kolega di Serie A 2018/19. Lebih hebat lagi lantaran Inter mampu merangkum 16 gol selama periode tersebut. Teraktual, La Beneamata mengandaskan Genoa dengan skor telak 5-0.
ADVERTISEMENT
Berangkat dari notula itulah, Valverde menolak untuk mendentumkan optimisme yang berlebihan. Eks juru taktik Athletic Bilbao ini justru mengharuskan Lionel Messi dan kolega menaruh fokus. Jika lengah, Barcelona bisa saja menelan kekalahan.
"Tentu saja, perlawanan mereka tak akan berbeda jauh dengan perjumpaan di Camp Nou. Yang membedakan, mereka bakal menambah agresivitas agar bisa menguasai permainan," ucap Valverde mengutip Football Italia.
"Di Serie A, mereka tampil begitu apik dan dapat memenangi banyak pertandingan. Kami harus benar-benar menaruh fokus pada laga ini. Kami melihat bagaimana Inter mengalahkan Genoa dengan skor 5-0 dan beberapa laga teraktual mereka. Kami sudah siap untuk mengatasi mereka," kata pria kelahiran Viandar de la Vera, Spanyol, itu melanjutkan.
ADVERTISEMENT
Inter Milan
Roberto Gagliardani merayakan gol ke gawang Genoa. (Foto: Miguel MEDINA / AFP)
Mantan pelatih Valencia itu sadar betul seperti apa ambisi Inter menjelang laga dihelat, apalagi skuat Inter mengincar tripoin untuk merawat kans melaju ke babak 16 besar. Dalam penaksiran Valverde, siapa pun yang nantinya diturunkan oleh Spalletti, Inter bakal tampil menekan sejak awal laga dan itu merupakan ancaman bagi Barcelona.
"Setiap tim memiliki pendekatan berbeda dalam setiap pertandingan dan kami mempunyai itu. Saya menyukai (pendekatan) Luciano (Spalletti). Ia bisa mengubah wajah Inter menjadi lebih agresif," katanya.
"Mereka menekan sejak awal sampai akhir pertandingan. Semua pemain terlibat, mereka mengambil risiko. Tapi, mereka juga memiliki letupan ambisi yang besar untuk memenangi pertandingan. Kami telah melihat hal tersebut dan saya menyukainya," pungkas Valverde.
ADVERTISEMENT
***
Matchday keempat Liga Champions 2018/19 yang mempertemukan Inter Milan dengan Barcelona akan digelar di Stadion Giuseppe Meazza pada Rabu (7/11/2018). Sepak mula akan berlangsung pada pukul 03:00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan