kumparan
3 Februari 2020 8:03

Warrix Sudah Jalin Kontrak Empat Tahun dengan Timnas Indonesia?

Seleksi pemain timnas Indonesia U-19
Sejumlah pemain mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Kawin Thamsatchanan—kiper Timnas Thailand—menjalin kerja sama dengan apparel Warrix pada Kamis (30/1/2020). Kehadiran pemain yang akrab disapa Tong Kawin itu diharapkan bisa mendongkrak penjualan apparel asal Thailand tersebut.
ADVERTISEMENT
Soalnya, Warrix menargetkan pendapatan 2 miliar baht (sekitar Rp874 miliar) dalam tiga tahun ke depan. Demi mencapai sasaran tersebut, Warrix membuat berbagai rencana.
Selain menggaet Tong Kawin, Warrix juga memperluas pasar internasional. Penyebaran Warrix di kawasan ASEAN diperbanyak.
Selama tujuh tahun berdiri, Warrix sudah dipakai 12 klub Negeri Gajah Putih plus Timnas Thailand. Khusus untuk Timnas Thailand, Warrix punya nilai kontrak sebesar 400 juta baht (sekitar Rp174 miliar).
Pemasukan makin meningkat begitu Warrix menjajaki kerja sama dengan klub asal Malaysia (Melaka United), Laos (Lao Toyota), Singapura (Tiong Bahru dan Hougang United), serta Indonesia (Persela Lamongan).
Bahkan, Warrix juga menjadi apparel resmi Timnas Myanmar sejak 2018. Kini, Warrix menyasar Indonesia, khususnya Timnas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Belakangan ramai diperbincangkan di Tanah Air lantaran produk Warrix sudah dipakai Timnas U-19 Indonesia dalam pemusatan latihan. Lucunya, PSSI belum buka suara terkait apparel yang akan dipakai mulai 2020 seiring kontrak dengan Nike habis pada akhir 2019.
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, malah menyebut pemakaian jersi Warrix oleh Indonesia U-19 masih coba-coba. Ia menegaskan belum sah alias urung tanda tangan kontrak.
“Masih ada waktu ‘kan. Kami punya tim sendiri (yang mengurusi soal apparel). Nanti kami diskusi lagi. Di Indonesia banyak jersi buatan lokal yang bagus-bagus. Mereka harus bisa bersaing. Tidak menutup kemungkinan (pakai apparel lokal). Itu (Warrix) belum fix,” tutur Iriawan beberapa waktu lalu.
Saat PSSI masih menutup rapat apparel Timnas Indonesia, kode sudah dilemparkan pihak Warrix. Instagram @warrix_official sudah mengunggah foto lima hari yang lalu (30/1/2020) bertuliskan “Indonesia National Jersey 2020”.
ADVERTISEMENT
The moment has arrived. #warrix #warrixindonesia #kita garuda,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.
Seiring unggahan tersebut, The Standard—media Thailand—malah mengumumkan kepastian Warrix menjadi apparel Timnas Indonesia. Dalam artikel perkenalan Kawin Thamsatchanan, muncul keterangan bahwa Warrix sudah meneken kontrak empat tahun untuk menjadi apparel Timnas Indonesia.
Warrix telah menjalin kerja sama dengan Timnas Myanmar selama 6 tahun mulai 1 November 2018 hingga 31 Desember 2024. Lalu, kontrak empat tahun dibuat untuk Timnas Indonesia dari 1 Januari 2020 sampai 31 Desember 2023. Hal itu membuat Warrix yakin bahwa rencana tersebut menembus ASEAN tidak sulit lagi.”
Pernyataan Warrix hingga berita ini diturunkan belum mendapat respons dari PSSI. Meski demikian, Warrix sudah memulai penjualan jersi Timnas Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Salah satu strategi pemasaran proaktif utama akan diterapkan tahun ini. Ini akan meningkatkan pemasaran dan berperan dalam mengarahkan misi untuk memperluas pasar internasional. Tidak cukup hanya menyasar tim nasional saja,” ujar Wisan Wanasaksrisakul, pendiri Warrix Sport Company Limited di The Standard.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan