Bola & Sports
·
3 April 2021 14:12

Wasit di Serbia Dipenjara Usai Beri Penalti Kontroversial

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wasit di Serbia Dipenjara Usai Beri Penalti Kontroversial (199705)
searchPerbesar
Ilustrasi wasit Foto: taniadimas
Skandal terjadi di sepak bola Serbia. Seorang wasit bernama Srdjan Obradovic dijatuhi hukuman 15 bulan penjara plus larangan 10 tahun berkecimpung di dunia sepak bola lantaran membuat keputusan penalti kontroversial.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan The Sun, Obradovic membuat keputusan kontroversial dalam laga penting Liga Serbia antara FK Spartak Subotica vs FK Radnicki Nis pada 2018.
Laga ini menjadi amat penting mengingat kedua tim saat itu tengah memperebutkan satu tiket ke Kualifikasi Liga Europa musim selanjutnya.
Hal janggal terjadi di menit ke-78. Wasit Obradovic menunjuk titik putih usai pemain Radnicki dinilai melakukan handball. Padahal, dalam tayangan ulang tampak jelas bola hanya menyentuh kaki--jauh dari tangan pemain Radnicki.
Sontak putusan tersebut mengundang sorotan tajam. Departemen Antikorupsi Mahkamah Agung Kota Novi Sad akhirnya menjatuhkan hukuman setelah hampir tiga tahun lamanya.
Obradovic divonis hukuman 15 bulan mendekam di balik jeruji besi. Ia juga dilarang terlibat dalam dunia sepak bola selama satu dekade ke depan.
ADVERTISEMENT
Kendati Obradovic sempat melakukan pembelaan, bahwa ia mengaku benar-benar melihat bola menyentuh tangan, Mahkamah Agung tetap berpegang teguh pada putusan tersebut.
Adapun, laga itu sendiri akhirnya dimenangi oleh Spartak Subotica dengan skor 2-0. Kedua gol yang dilesakkan tim yang berbasis di Kota Subotica itu sama-sama berasal dari titik putih.
---