Bola & Sports
·
13 Februari 2020 2:37

Willian Jose ke Barcelona? Ini Plus dan Minusnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Willian Jose ke Barcelona? Ini Plus dan Minusnya (224187)
Willian Jose opsi menarik untuk Barcelona. Foto: AFP/Ander Gillenea
Stok pemain di lini depan Barcelona menipis setelah Ousmane Dembele dipastikan bakal absen enam bulan usai menjalani operasi hamstring. Blaugrana pun diperkenankan untuk merekrut striker baru karenanya.
ADVERTISEMENT
Ya, aturannya memang demikian. RFEF menyatakan bahwa apabila seorang pemain absen lebih lima bulan atau lebih, klub boleh mendatangkan pemain baru dari klub Spanyol lainnya.
Dembele sendiri bukan satu-satunya pemain Barcelona yang harus lama menepi. Sebelumnya, Luis Suarez juga telah diprediksi bakal absen sampai akhir musim. Tak pelak, stok penyerang Barcelona pun tinggal tiga orang.
Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Ansu Fati. Itulah tiga nama yang bisa digunakan Barcelona di sisa musim. Mereka sebelumnya memiliki Carles Perez tetapi sang winger muda dilepas ke AS Roma.
Barcelona pun dikabarkan tengah bergerak cepat untuk merekrut satu pemain depan anyar. Nama Angel Rodriguez (Getafe) sempat mencuat tetapi belakangan Willian Jose yang jadi kandidat terdepan.
ADVERTISEMENT
Willian Jose sendiri merupakan striker asal Brasil yang sekarang bermain untuk Real Sociedad. Kabarnya, pada Januari silam Barcelona sebenarnya sudah berusaha merekrutnya.
Barcelona mendekati Willian Jose setelah kesepakatan dengan Valencia untuk transfer Rodrigo Moreno gagal tercapai. Namun, sampai jendela transfer ditutup, kesepakatan juga tak tercapai antara Barcelona dan Real Sociedad.
Kini, wacana transfer Willian Jose ke Barcelona kembali mengemuka menyusul kabar buruk soal Dembele tadi. Menurut Diario Marca, Real Sociedad hanya akan melepas Willian Jose jika Barcelona mau mengeluarkan fulus 35 juta euro.
Nilai itu lebih tinggi dari apa yang ditawarkan Barcelona bulan lalu. Ketika itu mereka hanya mau menyodorkan uang 23 juta euro plus bonus untuk penyerang 28 tahun tersebut.
Willian Jose ke Barcelona? Ini Plus dan Minusnya (224188)
Willian Jose memperkuat Real Sociedad dalam laga kontra Villarreal. Foto: AFP/Jose Jordan
Real Sociedad sendiri bersedia melepas Willian Jose karena saat ini mereka sudah memiliki striker tajam lain dalam diri Alexander Isak. Pemuda Swedia itu jadi salah satu pahlawan Txuri Urdin di perempat final Copa del Rey lalu kontra Real Madrid.
ADVERTISEMENT
Namun, sampai sekarang belum ada tawaran resmi yang diajukan Barcelona untuk Willian Jose. Bahkan, pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil, berujar bahwa penyerangnya itu ingin bertahan di San Sebastian.
"Kalau mereka menyodorkan 70 juta euro, kami takkan bisa berkata apa-apa. Rumor mengenai Willian Jose ini kupikir sudah mulai berlebihan. Dia adalah pemain kami dan ingin bertahan di sini," ujar Alguacil, dilansir Diario AS.
"Aku tidak tahu sampai kapan dia bakal bertahan bersama kami tetapi yang aku tahu dia bakal terus bersama kami sampai akhir musim nanti," imbuh pelatih 38 tahun tersebut.

Plus-Minus Willian Jose untuk Barcelona

Sepintas, Willian Jose tampak seperti striker yang tidak cocok bermain untuk Barcelona. Apalagi, Barcelona saat ini ditangani oleh Quique Setien yang menuntut para pemainnya untuk senantiasa bergerak dinamis.
Willian Jose ke Barcelona? Ini Plus dan Minusnya (224189)
Pelatih Barcelona, Quique Setien, berpose di Camp Nou. Foto: Reuters/Albert Gea
Akan tetapi, Willian Jose dan Setien sejatinya saling mengenal satu sama lain. Kedua sosok itu pernah bekerja sama di Las Palmas pada musim 2015/16. Kala itu, 10 gol berhasil dilesakkan oleh Willian Jose.
ADVERTISEMENT
Selain karena itu, Willian Jose juga mampu menawarkan aspek lain yang selama ini jadi kelemahan lini depan Barcelona. Yakni, kemampuan duel bola-bola atas. Tinggi tubuhnya yang mencapai 189 cm sangat membantu untuk ini.
Postur Willian Jose itu juga membuatnya cocok untuk bermain membelakangi gawang. Dengan begitu, dia bisa membuka ruang bagi Messi dan Griezmann untuk merangsek ke kotak penalti lawan.
Dengan plus-minus ini, Willian Jose rasanya tetap menjadi opsi yang layak dicoba oleh Barcelona. Namun, mantan pemain Santos ini memang hanya bisa didaftarkan di La Liga karena pendaftaran Liga Champions sudah lama lewat.
Terlepas dari itu, Barcelona sangat butuh bantuan di lini depan dalam bentuk apa pun. Jika bentuknya adalah Willian Jose, terima saja. Toh, tidak ada ruginya juga memiliki pemain dengan karakteristik berbeda.
ADVERTISEMENT