kumparan
22 November 2019 5:00

Xhaka Berpeluang Tampil di Laga versus Southampton

Granit Xhaka, PORTRAIT
Kapten Arsenal, Granit Xhaka, dicemooh suporter timnya sendiri. Foto: REUTERS/David Klein
Pelatih Arsenal, Unai Emery, mengindikasikan bahwa Granit Xhaka bakal kembali merumput di laga Premier League 2019/2020 melawan Southampton, Sabtu (23/11/2019) malam WIB. Emery menyatakan bahwa kondisi Xhaka sudah membaik, dan sang pemain sendiri yang ingin kembali ke lapangan.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Xhaka memang sedang berada di ‘pengasingan’. Ya, dalam empat laga terakhir Arsenal di semua kompetisi, gelandang asal Swiss itu tak masuk ke dalam skuat.
Penyebabnya tentu saja ulah Xhaka di laga melawan Crystal Palace pada akhir Oktober 2019 lalu. Kala itu, Xhaka berkisruh dengan suporter timnya sendiri. Suporter Arsenal mencemooh Xhaka, yang ditarik keluar, lalu sang gelandang membalas mereka dengan melontarkan sumpah serapah.
Granit Xhaka
Granit Xhaka dalam ajang Trofi Joan Gamper 2019. Foto: AFP/Josep Lago
Akibat insiden itu, Xhaka mesti kehilangan jabatannya sebagai kapten Arsenal. Emery juga memutuskan untuk ‘menyimpan’ Xhaka, dengan dalih agar kondisinya membaik. Kini, upaya Emery tampak sukses.
“Xhaka kini telah merasa lebih baik. Ia merasa percaya diri untuk kembali, dan kami akan membuat keputusan apakah ia akan bermain pada Sabtu nanti. Saya ingin ia kembali dengan nyaman. Saya juga ingin membantunya kembali berhubungan baik dengan suporter,” kata Emery, dilansir situsweb resmi Arsenal.
ADVERTISEMENT
Apa yang terjadi di laga melawan Palace, berdasarkan penuturan Emery, benar-benar memukul Xhaka. Meskipun begitu, sang pelatih menegaskan bahwa Xhaka tetap berlatih seperti layaknya seorang profesional.
Buktinya, Xhaka tampil hebat kala membela Timnas Swiss di laga kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Gibraltar (19/11). Eks pemain Borussia Moenchengladbach itu berhasil mencetak satu dari enam gol yang diciptakan Swiss ke gawang Gibraltar.
Xhaka juga sanggup menciptakan dua tembakan mengarah ke gawang, satu operan kunci, dan persentase operan sukses sampai 84%.
Apa yang ditampilkan Xhaka di laga melawan Gibraltar menjadi gambaran dari apa yang bisa ia berikan ketika fokusnya penuh. Emery pribadi meyakini bahwa Xhaka bisa kembali lebih kuat dan memberikan penampilan yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
“Tujuan saya tentang Xhaka tidak berubah. Saya ingin dia kembali dan meyakinkan suporter akan komitmennya. Saya yakin penampilannya akan membaik, dan ia akan membuat suporter bangga terhadapnya. Itu adalah tujuan saya, dan apa yang tengah saya kerjakan saat ini,” pungkas Emery.
-----
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo, buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan