kumparan
7 Februari 2020 20:32

Yanto Basna Pastikan Tak Ikut Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Timnas Indonnesa, Yanto Basna
Pemain Timnas Indonesia, Yanto Basna, berduel udara dengan pemain Vietnam di laga Pra Piala Dunia 2022. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Bek Timnas Indonesia, Yanto Basna, mengonfirmasi tidak akan bergabung di pemusatan latihan skuat Garuda pada 9-17 Februari 2020. Dia tak dapat memenuhi undangan untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 lantaran tak mendapat restu dari klubnya, PT Prachuap FC.
ADVERTISEMENT
''Saya sudah berkomunikasi dengan PSSI soal saya tidak bisa hadir. Saya sampaikan bahwa klub tidak melepas karena Liga Thailand akan segera bergulir 15 Februari mendatang,'' kata Basna kepada jurnalis melalui sambungan telepon, Jumat (7/2).
''Lagi pula, jadwal pemusatan latihan kali ini juga tidak dalam agenda FIFA Matchday,'' imbuh pemain 24 tahun tersebut.
Latihan Timnas Indonesia, Yanto Basna
Yanto Basna saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia di Stadion Madya GBK, Jakarta, Selasa (3/9). Foto: Helmi Afandi/kumparan
Kendati tak bisa pulang ke Tanah Air, Basna mengaku bangga namanya dipanggil kembali membela Timnas Indonesia. Terlebih, karena saat estafet pelatih berganti dari Simon McMenemy ke Shin Tae-yong, ia masih dipercaya.
''Sangat senang tentunya, tetapi saya minta maaf sekali tak bisa datang,'' ucap Basna.
Basna sudah lima kali berkostum Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia. Dalam lima kesempatan turun, ia dan rekan-rekannya gagal merengkuh satu poin pun karena selalu kalah.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Timnas Indonesia yang tergabung di Grup G berada di urutan terbawah. Mereka kalah dari Vietnam, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.