Kesan Coach Mochi soal Sydney Hopper: Posturnya Bagus, Semoga Masuk Timnas

6 Juli 2024 16:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain diaspora asal Amerika Serikat, Sydney Hopper. Foto: Sydney Hopper via Vivin Cahyani
zoom-in-whitePerbesar
Pemain diaspora asal Amerika Serikat, Sydney Hopper. Foto: Sydney Hopper via Vivin Cahyani
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada yang baru dalam sesi latihan Timnas Wanita Indonesia pada Jumat (5/7) malam kemarin. Garuda Pertiwi kedatangan satu pemain keturunan asal Amerika Serikat, Sydney Hopper.
ADVERTISEMENT
Sydney Hopper jadi pemain keturunan ketiga yang memenuhi panggilan PSSI pada Juni lalu. Sebelumnya, ada duo Belanda yakni Noa Leatomu dan Estella yang sudah bergabung sejak akhir Juni kemarin.
Sydney baru tiba dari Amerika Serikat pada Jumat (5/7), tapi ia langsung mengikuti latihan yang digelar sore hari. Ia juga terlihat mencetak dua gol saat Indonesia berhadapan dengan tim PSF Academy U-11 pria di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.
Pelatih Timnas Wanita Indonesia Satoru Mochizuki usai memimpin sesi latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (22/5/2024). Foto: Antika Fahira/kumparan
Satoru Mochizuki pun memberi kesan yang positif usai melihat kemampuan Sydney di lapangan. Pelatih asal Jepang itu berharap Sydney bisa terus berkembang dan masuk ke Timnas Wanita Indonesia.
"Saya berharap sekali ya dengan Sydner Hopper ini. Saya juga baru pertama kali bertemu di hari ini dan dia juga langsung berkumpul," tutur Coach Mochi kepada awak media setelah memimpin sesi latihan.
ADVERTISEMENT
"Kalau kita lihat posturnya tinggi dan juga badannya tegap dan dia cetak dua gol. Semoga masuk Timnas Indonesia ini," sambung Coach Mochi.
Soal dua gol yang dilesakannya, Sydney mengaku itu bisa terjadi karena kerja sama tim yang baik. Jadi, bukan hanya karena kualitas individualnya saja.
"Saya pikir tadi gol-golnya bagus dan saya pikir semuanya tercipta berkat permainan tim. Jadi, buka hanya saya sendiri tapi seluruh tim," kata Sydney Hopper.
Sydney Hopper, pemain wanita keturunan Indonesia, usai menjalani latihan dengan Timnas Wanita Indonesia, Jumat (5/7). Foto: Antika Fahira/kumparan
Hadirnya Sydney Hopper memberi warna baru di skuad Timnas Putri, karena ia memiliki posisi yang berbeda dari Noa dan Estella. Sydney berposisi sebagai gelandang serang (AMF), sedangkan Noa dan Estella dominan bermain di sisi sayap.
Posturnya pun terbilang tinggi bagi pemain yang masih berusia 17 tahun. Sydney Hopper tercatat memiliki tinggi 173 cm.
ADVERTISEMENT
Kesan positif dari pelatih ini menjadi angin segar bagi Sydney Hopper yang berminat membela Indonesia. Sebab, ia sudah mengantongi paspor Indonesia.
Tapi, paspor yang dimiliki Sydney ternyata sudah expired. Vivin Cahyani, Exco PSSI, bilang akan segera mengurus administrasi sang pemain jika Coach Mochi merekomendasikannya untuk berlaga kontra Hong Kong pekan depan.
"Kami lagi upayakan paspor Indonesia sudah pegang, tapi paspornya expired, jadi perlu waktu lagi untuk perpanjangan, mudah-mudahan sih. Semua sih sebetulnya tergantung Coach Mochi. Kalau coach-nya senang memberikan rekomendasi, ya masalah proses administrasi kita bisa lakukan," tutur Vivin kepada kumparanBOLANITA.
Pemain diaspora asal Amerika Serikat, Sydney Hopper. Foto: Sydney Hopper via Vivin Cahyani

Profil Sydney Hopper

Sydney Hopper, yang lahir pada 15 Maret 2007, adalah salah satu pemain diaspora yang punya garis keturunan Indonesia. Garis keturunan itu ia dapat dari sang ibu yang berkewarganegaraan Indonesia dan lahir di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Musim depan Sydney bermain untuk Dallas Baptist University, tim tersebut akan mentas di NCAA II, turnamen perguruan tinggi di Amerika Serikat. Sebelumnya, pemain berusia 17 tahun itu berlaga di Tulsa Soccer Club yang berkompetisi di ECNL (Liga Siswa/i Nasional).