Food & Travel
·
8 April 2021 9:43

4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas (357083)
Ilustrasi bawang putih Foto: Shutter Stock
Seringkali kita menyimpan bawang dalam lemari es atau di ruangan terbuka. Ya, cara tersebut tidaklah salah. Tapi, tak semua bawang cocok disimpan dengan cara yang sama, lho. Hal ini mampu merusak kualitas bawang itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Mengutip Insider, sebaiknya saat hendak menyimpan perhatikan dulu tipenya. Apakah masih terbungkus kulit, atau sudah dipotong-potong? Menurut Linh Nguyen, pemilik restoran Au Lac, Los Angeles, carilah bawang dengan kualitas terbaik, lalu awetkan sesuai dengan tipenya.
Nah, kira-kira bagaimana caranya? Yuk, cari tahu tips selengkapnya di bawah ini.

1. Bawang utuh dengan kulit

4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas (357084)
Ilustrasi Bawang Bombay Foto: Shutterstock/NUM LPPHOTO
Idealnya, bawang yang masih utuh, akan lebih baik bila disimpan dalam suhu ruang. Seperti dapur, ruang bawah tanah, atau garasi dengan rentang suhu 12 derajat celsius.
Kunci utama agar dapat bertahan lama, yakni hindari penyimpanan dalam lemari es dan dekat dengan sumber panas. Penting juga untuk menyimpannya dalam keranjang berlubang yang bertujuan memberi ruang bernapas untuk bawang.
ADVERTISEMENT

2. Bawang yang sudah dikupas

4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas (357085)
Ilustrasi memotong bawang bombai Foto: dok.shutterstock
Kondisi bawang kupas akan lebih cepat membusuk dibandingkan dengan yang masih terbungkus kulit. Tapi, kamu tak perlu khawatir bila telanjur membeli bawang jenis ini. Menurut Nguyen, kamu masih bisa kok, menyimpannya dalam wadah kedap udara, lalu dinginkan di lemari es. Biasanya, tips ini membuat bawang bertahan selama 1-2 minggu.

3. Bawang yang sudah dipotong

4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas (357086)
Bawang putih cincang yang dicampur dengan air mawar bisa mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Foto: Shutterstock
Semua jenis bawang apabila sudah terlepas dari kulitnya, cenderung lebih mudah terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, dianjurkan agar segera meletakkan dalam wadah, dan simpan di tempat yang dingin, guna menghalau bakteri buruk yang menempel pada bawang bombai hingga bawang putih agar tak cepat busuk.

4. Bawang yang sudah dimasak

4 Tips Menyimpan Bawang Sesuai Kondisi, Bawang Utuh Tak Perlu Masuk Kulkas (357087)
Ilustrasi tuna panggang dengan bawang putih Foto: Dok.Shutterstock
Bila kamu merasa bingung untuk menyimpan bawang yang matang, maka jawabannya adalah kulkas. Bagaimanapun, lemari es atau kulkas merupakan rekomendasi terbaik ketika mengawetkan makanan. Namun, perlu diingat, ya, kalau dalam kondisi sudah dimasak, biasanya bawang hanya akan bertahan selama 3-5 hari saja.
ADVERTISEMENT
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya