kumparan
6 Juni 2018 8:06

5 Cara Mudah Mematangkan Pisang

Masker pisang untuk kulit berjerawat (Foto: Thinkstock)
Memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut, tak heran bila buah pisang menjadi salah satu buah yang kerap dikonsumsi secara rutin. Apalagi, dengan berbagai kandungan nutrisi yang dimilikinya, membuat buah berkulit kuning ini digemari oleh banyak orang.
ADVERTISEMENT
Tekstur lembut dari buah pisang sendiri sejatinya dipengaruhi oleh tingkat kematangannya. Nah, sayangnya, tak jarang kita mendapatkan pisang yang terlalu mentah dan belum masak ketika membelinya di pasaran. Karenanya, diperlukan waktu selama beberapa hari untuk menunggunya matang terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi.
Tak perlu khawatir, ternyata terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat tingkat kematangan buah pisang, lho! Bahkan, sebagian besar di antaranya sangat mudah untuk dilakukan. Dilansir Spoon University, berikut lima cara mudah untuk mempercepat matangnya buah pisang:
1. Gunakan kertas pembungkus
Ilustrasi paper bag (Foto: Thinkstock)
Kertas pembungkus dapat memberikan efek 'inkubator' di sekeliling pisang, sehingga menjebak gas yang dapat membuat pisang lebih cepat matang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan buah lain yang mengandung gas ethylene seperti apel, pir, alpukat, kiwi, atau aprikot ke dalam kertas pembungkus. Jangan lupa untuk memastikan buah tambahan tersebut dalam keadaan matang, sehingga kandungan gas yang dilepaskan lebih banyak.
ADVERTISEMENT
2. Panaskan pisang di dalam oven
Ilustrasi oven (Foto: Thinkstock)
Cara lain untuk mematangkan buah pisang adalah dengan memanaskannya sebentar di dalam oven. Letakkan pisang di atas kertas pemanggang dan panaskan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit atau hingga kulitnya menghitam. Saat kulit pisang sudah menghitam, daging buahnya akan ikut melunak dan menjadi matang.
Dan, usahakan untuk menggunakan suhu oven yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, jangan masukkan lebih dari tiga buah pisang sekaligus ke dalam oven agar sirkulasi udaranya tetap lancar.
3. Letakkan di tempat hangat
Ilustrasi pisang (Foto: Thinkstock)
Cara alternatif selain memanaskan pisang di dalam oven adalah dengan menyimpannya di tempat hangat. Meletakkan pisang di permukaan kulkas dapat membantunya lebih cepat matang. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu lama menyimpannya agar tidak membusuk.
ADVERTISEMENT
4. Simpan buah pisang dalam keadaan menyatu
Ilustrasi pisang (Foto: Thinkstock)
Bila ingin membuatnya cepat matang, jangan pisahkan beberapa buah pisang yang telah menyatu. Sebaliknya, simpan beberapa buah pisang di satu tempat dan bungkus menggunakan aluminium foil. Dengan cara ini, buah pisang akan masak selama kurang lebih 24 jam.
5. Gunakan microwave
Ilustrasi microwave (Foto: Thinkstock)
Hampir sama seperti oven, kamu juga bisa menggunakan microwave untuk membuat buah pisang cepat masak. Caranya, tusuk beberapa sisi buah pisang dengan garpu atau pisau dan panaskan dengan microwave selama kurang lebih 30 menit. Bila daging buah masih belum masak, ulangi prosesnya hingga beberapa kali.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan