Food & Travel17 September 2020 9:29

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat

Konten Redaksi kumparan
5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613174)
Ilustrasi memakai masker saat makan di luar Foto: dok.Shutterstock
Menambahkan setidaknya satu dari kebiasaan makan berikut ini ke dalam rutinitas harianmu, dapat membantu tubuh menangkis penyakit.
ADVERTISEMENT
Terutama, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, tampaknya menjaga sistem imun menjadi pekerjaan rumah rutin bagi banyak orang; terlebih bagi warga di negara yang terdampak wabah tersebut.
"Ini adalah tahun kritis bagi kami untuk mencoba menghilangkan flu sebanyak yang kami bisa," ungkap Robert R. Redfield, MD, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dikutip dari Eat This.
Ya, untuk bisa segera melumpuhkan serangan penyakit ini kita membutuhkan kerjasama yang bisa dimulai dengan menjaga kesehatan diri sendiri. Bagaimana caranya? Salah satunya dengan memperhatikan kebiasaan makan harian.
Tak perlu yang ribet, kebiasaan makan sederhana berikut bila kamu lakukan rutin juga bisa membantu daya tahan tubuh lebih kuat. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!
ADVERTISEMENT

1. Konsumsi suplemen seng

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613175)
Ilustrasi suplemen seng Foto: Shutter Stock
Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice, melaporkan mengonsumsi suplemen seng selama tujuh bulan dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan.
Ini karena seng membantu memproduksi sel darah putih --limfosit (sel-b dan T), neutrofil, dan makrofag-- yang dapat melawan berbagai jenis infeksi. Dengan begitu, sistem imun pun turut meningkat.
Catatan tambahan, bila kamu memiliki riwayat alergi terhadap makanan laut yang menjadi salah satu sumber seng, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

2. Minum air putih hukumnya wajib

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613176)
air putih Foto: shutterstock
"Menjadi terhidrasi penting untuk kesehatan kekebalan karena air membantu mengeluarkan semuanya," kata chef sekaligus ahli diet Wesley McWhorter, DrPH, RD, yang juga merupakan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.
ADVERTISEMENT
McWhorter yang juga merupakan Asisten profesor di University of Texas School of Public Health, menambahkan terutama untuk orang dewasa sangat perlu memerhatikan asupan air minumnya karena kebanyakan cenderung kekurangan cairan tubuh.

3. Konsumsi makanan warna-warni

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613177)
Ilustrasi Kubis Ungu Foto: Shutterstock/Aquarius Studio
Salah satu kebiasaan makan yang juga membantu meningkatkan sistem imun adalah pola makan beragam. Caranya dengan mengonsumsi makanan warna-warni. Eits, bukan makanan dengan pewarna tambahan, ya. Melainkan sayuran atau buah warna-warni yang alami.
McWhorter mengatakan, pewarna alami dalam sayuran atau buah menandakan kekayaan antioksidan di dalamnya. "Salah satu yang terbaik adalah kubis ungu; memiliki salah satu jumlah antioksidan tertinggi, dan harganya murah. Makan lebih banyak polong-polongan yang seratnya meningkatkan bioma ususmu. Sekali lagi, kacang-kacangan itu juga murah," ujarnya.
ADVERTISEMENT

4. Konsumsi makanan probiotik

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613178)
com-Kimchi Korea Selatan Foto: Shutterstock
Kefir, yoghurt, hingga kimchi merupakan makanan probiotik yang dapat mengurangi respons peradangan tubuh. Penelitian dalam Korean Journal of Family Medicine tahun 2013 menemukan, bakteri baik dalam makanan probiotik dapat menurunkan durasi demam hingga dua hari, dan mengurangi keparahan hingga 34 persen.

5. Cuci tangan sebelum makan

5 Kebiasaan Makan yang Bikin Sistem Imun Tubuh Lebih Kuat (613179)
Ilustrasi mencuci tangan. Foto: Shutter Stock
Tak kalah penting adalah selalu mencuci tangan sebelum makan maupun masak. Mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik adalah cara terbaik untuk membunuh kuman.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white