kumparan
11 April 2018 11:44

5 Kuliner Legendaris Khas Lombok yang Wajib Kamu Coba

Kuliner legendaris di Lombok. (Foto: Instagram @jackmagnifico, @cennas)
Identik dengan makanan pedas, kuliner Lombok memang tak pernah gagal menggugah selera. Mulai dari ayam taliwang, plecing kangkung, hingga aneka sajian satenya yang sangat beragam. Bisa dibilang, Lombok adalah surganya kuliner pedas.
ADVERTISEMENT
Tentunya, kurang lengkap rasanya bila tak mencicipi aneka sajian khas tersebut langsung dari tempat asalnya. Apalagi, beberapa rumah makan tersebut telah berdiri sejak puluhan tahun dan terjamin kelezatan serta keaslian masakannya.
Bagi yang ingin berkunjung ke Lombok dan ingin mencicipi kuliner Lombok yang melegenda, berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima restoran legendaris yang menyajikan aneka sajian khas Lombok yang lezat dan autentik.
1. Nasi Balap Puyung Inaq Esun
Loading Instagram...
Beroperasi sejak puluhan tahun lalu, warung ini bahkan sudah dijalankan oleh generasi kedua. Kendati letaknya berada di gang kecil, namun kelezatan sajian nasi hangat yang dicampur dengan kedelai goreng dan ayam suwir pedas ini tak tertandingi. Tambahan udang kering, abon, serta belut goreng dan bumbu yang telah diracik bersama sambal semakin menambah cita rasa lezat sajian khas Lombok ini.
ADVERTISEMENT
Nasi Balap Puyung Inaq Esun
Jalan Sriwijaya No. 80, Mataram, Lombok
Jam buka: 08.00 - 02.00
2. Sate Bulayak Suranadi
Loading Instagram...
Ingin mencicipi kelezatan sate khas Lombok yang autentik? Cobalah untuk mengunjungi Sate Suranadi. Warung sate populer ini menyajikan daging sapi yang telah diiris kecil-kecil dan dilumuri dengan bumbu khas lalu disiram saus kacang kental, lengkap dengan bulayak atau lontong. Uniknya, saat menyantap sajian sate di warung ini, kamu akan bertemu banyak monyet yang lalu lalang di sekitar area warung, karena lokasinya yang berdekatan dengan Taman Suranadi.
Sate Suranadi
Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat
Jam buka: 08.00 - 18.00
3. Warung Rembiga Utama
Loading Instagram...
Satu lagi variasi sate khas Lombok yang wajib dicicipi. Sate bercita rasa manis, gurih dan pedas ini banyak dihidangkan di berbagai tempat wisata kuliner di Lombok. Bila ingin mencicipi sajian sate rembiga yang autentik, kamu bisa mengunjungi Warung Rembiga Utama. Telah berdiri sejak 29 tahun yang lalu, sajian sate di warung ini sudah tersohor akan dagingnya yang empuk dan bumbunya meresap hingga ke serat daging.
ADVERTISEMENT
Warung Rembiga Utama
Jl. Dr. Wahidin No. 05, Rembiga
Jam buka: 09.00 - 22.00
4. Depot Kelebet
Loading Instagram...
Menyajikan menu Bebalung, yakni sajian tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu, rumah makan ini sudah sangat tersohor akan kelembutan olahan dagingnya. Keistimewaan daging iga yang sangat empuk hingga dapat dengan mudah lepas dari tulangnya membuat orang-orang rela mengantre di warung sederhana ini.
Depot Kelebet
Jalan HOS Cokroaminoto, Mataram
Jam buka: 07.00 - 15.00
5. Rumah Makan Dua-Em
Loading Instagram...
Satu lagi restoran legendaris yang patut dikunjungi saat berada di Lombok. Telah berdiri sejak tahun 1993, rumah makan ini merupakan salah satu restoran yang pertama kali membuat sajian ayam taliwang, sehingga kelezatannya tentu tak perlu diragukan lagi. Selain ayam taliwang, Rumah Makan Dua-Em juga menyajikan sate sum-sum tulang belakang sapi yang diberi bumbu pedas manis. Lezat!
ADVERTISEMENT
Rumah Makan Dua-Em
Jln. Pelikan No. 6, Mataram, Lombok
Jam buka: 09.00 - 22.00
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan