kumparan
3 Desember 2019 9:03

5 Kuliner Wajib Saat Berkunjung ke Negeri Sakura, Jepang

com-Ilustrasi Negara Jepang
com-Ilustrasi Negara Jepang Foto: Shutterstock
Di masa liburan, kamu pasti ingin merasakan beragam pengalaman menarik di destinasi yang dikunjungi. Satu yang tidak boleh terlewat adalah mencoba kelezatan kuliner khasnya. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika banyak orang yang mengenyampingkan terlebih dahulu agenda dietnya, agar liburan semakin nikmat. Apalagi, jika kamu berlibur ke Negeri Sakura, Jepang.
ADVERTISEMENT
Jepang memang tidak pernah berhenti menawarkan keunikan – lewat budaya dan destinasi wisatanya – yang akhirnya membuat banyak pelancong selalu ingin kembali. Tidak hanya itu, Jepang juga memiliki kekayaan kuliner yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Sebut saja Sushi, nasi gulung dengan isian beragam protein yang kelezatannya sudah tidak perlu diragukan lagi.
Sushi memang sebuah ikon kuliner Jepang. Namun, tidak hanya sushi; Negeri Sakura ini juga masih menyimpan banyak keragaman kuliner yang sayang untuk kamu lewatkan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:
1. Sukiyaki
com-Ilustrasi Sukiyaki
com-Ilustrasi Sukiyaki Foto: Shutterstock
Jepang dianugerahi dengan empat musim yang berganti sepanjang tahunnya. Ketika berkunjung ke Jepang di musim dingin, sempatkanlah dirimu untuk mencicipi Sukiyaki, sebuah makanan berkuah nan menggugah selera. Sukiyaki merupakan makanan berkuah yang disajikan di pot besar. Sembari kuah sukiyaki direbus, kamu bisa memasukkan beragam protein seperti daging sapi tipis, jamur, sayuran, tofu, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
2. Ramen
com-Ilustrasi Ramen
com-Ilustrasi Ramen Foto: Shutterstock
Tidak hanya sukiyaki, Jepang juga masih memiliki hidangan berkuah lainnya yang kelezatannya sudah diakui dunia. Hidangan tersebut adalah Ramen, mi kuah ala Jepang. Bukan sekadar hidangan mi biasa, ramen Jepang memiliki keunikan pada kuahnya, di mana setiap wilayah memiliki kuah khas yang memiliki cita rasa berbeda. Sebagai pelengkap, semangkuk ramen juga biasa dihidangkan dengan potongan daging, telur setengah matang, dan daun bawang.
3. Curry Rice
com-Ilustrasi Curry Rice
com-Ilustrasi Curry Rice Foto: Shutterstock
Selain kedua hidangan sebelumnya, Curry Rice atau Nasi Kari ala Jepang juga menjadi salah satu kuliner favorit yang wajib kamu coba. Dalam sepiring curry rice kamu bisa menikmati nasi panas, kari khas Jepang yang berisi potongan sayur seperti wortel dan kentang, hingga protein pelengkap – bisa Chicken Katsu, daging cincang, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
4. Donburi
com-Ilustrasi Donburi
com-Ilustrasi Donburi Foto: Shutterstock
Masih dengan nasi sebagai karbohidrat utama, kini ada Donburi yang menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jepang. Donburi merupakan sebuah hidangan nasi yang disajikan dalam mangkuk besar. Di atas nasi tersebut, terdapat berbagai lauk yang bisa kamu pilih. Misalnya, belut panggang (Unadon), irisan tipis daging sapi (Gyudon), beragam tempura (Tendon), dan jenis lainnya.
5. Yakitori
com-Ilustrasi Yakitori
com-Ilustrasi Yakitori Foto: Shutterstock
Terakhir ada Yakitori, sate khas Jepang. Kuliner yang satu ini merupakan camilan yang mudah kamu temui di Jepang. Biasanya, Yakitori dibuat dari daging ayam yang dipotong atau diolah menjadi bentuk bakso. Ada beragam jenis Yakitori yang bisa kamu coba. Sebut saja Negima, Tsukune, Tebasaki, dan masih banyak jenis lainnya.
ADVERTISEMENT
Jepang memang salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang menggoda para pelancong untuk selalu mencoba beragam hidangannya. Makan banyak tentu boleh, apalagi kamu sedang liburan ke tempat yang jarang kamu kunjungi, pasti penasaran ingin mencobanya, bukan? Tapi kamu harus tetap waspada karena ada banyak bahaya sembelit yang sering terjadi ketika kamu sedang traveling. Pasalnya, sembelit bisa terjadi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kurang serat.
Namun tidak perlu khawatir, saat sedang traveling, sembelit bisa diatasi dengan banyak minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayuran, atau bila perlu minum obat pencahar agar sembelit dengan cepat teratasi. Maka dari itu, sebaiknya selalu siap sedia obat pencahar di setiap perjalanan traveling-mu. Pilih obat pencahar yang bekerja dengan terprediksi, supaya agenda traveling, terutama kulineran tidak terganggu serta tetap berjalan lancar, dan kamu pun bisa menikmati momen traveling dengan sempurna!
ADVERTISEMENT
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Dulcolax.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan