Food & Travel
·
7 November 2020 12:12

5 Makanan Berbahan Dasar Jangkrik, Ada Roti sampai Kecap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Makanan Berbahan Dasar Jangkrik, Ada Roti sampai Kecap  (49466)
Kreker jangkrik Foto: Reuters/Francois Lenoir
Jangkrik sebagai bahan dasar makanan tampaknya tak lagi terdengar aneh. Bahkan, jangkrik digadang-gadang menjadi salah satu sustainable food yang ramah lingkungan dan kaya gizi; terutama protein.
ADVERTISEMENT
Enggak heran, kalau semakin banyak sajian hingga bahan masakan yang menggunakan serangga ini sebagai dasarnya. Bahkan sudah ada beberapa negara yang menyajikan makanan khasnya dengan campuran serangga bernama ilmiah Grylloidea itu.
Apa saja makanan berbahan dasar jangkrik yang pernah ada? Berikut selengkapnya. Salah satunya berasal dari Indonesia, lho.

1. Kecap jangkrik

Kecap jangkrik Antcicada merupakan inovasi paling baru dari hewan omnivora itu. Mengutip Grapee, kecap tersebut terbuat dari fermentasi bubuk jangkrik, ragi beras, dan air asin. Campuran tersebut kemudian difermentasi dalam tong kayu selama setahun.
Terakhir, kecap jangkrik dilengkapi dengan perasan moromi tumbuk dan ekstraknya direbus, mengikuti teknik pembuatan kecap tradisional. Dari hasil pembuatan tersebut menghasilkan kecap jangkrik yang umami.
ADVERTISEMENT

2. Ramen jangkrik

Perusahaan yang sama Antcicada, sebelumnya juga merilis ramen topping jangkrik. Bukan hanya menjadikan jangkrik sebagai topping, melainkan seluruh bahan pembuatan ramen menggunakan dasar dari serangga berbunyi khas itu.
Mulai dari mi yang menggunakan tepung jangkrik; hingga kaldu ramen dengan rebusan 100 jangkrik. Ramen yang juga dilengkapi daging itu dihargai mulai dari 2.200 Yen atau setara Rp 305 ribu.

3. Bir kriket

Tampaknya perusahaan yang memproduksi ramen dan kecap jangkrik itu sudah mengembangkan serangga tersebut sebagai bahan produknya sejak lama. Satu lagi inovasinya adalah bir kriket atau bir jangkrik.
Cracket dark ale merupakan bir artisan pertama di Jepang, yang merupakan hasil kerjasama dengan Tono Brewing. Bir diproduksi menggunakan jangkrik domestik khusus, yang dipanggang dengan hati-hati. Jangkrik dan malt panggang ini ditambahkan ke dalam cairan ekstrak bir untuk menonjolkan rasa dan umami jangkrik.
ADVERTISEMENT

4. Keripik tortilla jangkrik

5 Makanan Berbahan Dasar Jangkrik, Ada Roti sampai Kecap  (49467)
Kriktos, Keripik Tortilla Jangkrik ala IPB Foto: Dok.Prof. Ahmad Sulaeman/IPB
Kali ini inovasi makanan berbahan jangkrik datang dari Indonesia. Dikutip dari kumparanSAINS, sekelompok ilmuwan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pernah mengembangkan keripik tortilla dari tepung jangkrik dan jagung, yang dinamakan Kriktos.
Para ilmuwan tersebut juga menemukan jangkrik merupakan makanan halal; yang tinggi protein, asam lemak esensial omega-3 dan omega-6, vitamin B12, zat besi, kalsium, serta kitin. Sehingga makanan ini bisa menjadi camilan sehat dan ramah lingkungan.

5. Roti jangkrik

Eat Grub, supplier makanan berbasis serangga di UK mengeluarkan tepung dari jangkrik. Roberts Bakery menyambut baik, dengan membuatnya menjadi roti.
Setiap roti mengandung sekitar 336 jangkrik yang dikeringkan, ditumbuk, serta dicampur dengan tepung gandum dan biji-bijian. Kemudian adonan tersebut dipanggang menjadi roti bertekstur agak renyah. Tekstur itulah yang bikin roti ini disebut sebagai crunchy cricket loaves.
ADVERTISEMENT