kumparan
search-gray
Food & Travel16 Januari 2020 12:51

5 Makanan Ini Tambah Enak Kalau Disimpan Semalaman

Konten Redaksi kumparan
Kari India
Kari India Foto: Pixabay
Tak ada yang mengalahkan cita rasa makanan yang baru selesai dimasak. Hidangan masih hangat, dengan rasanya yang segar. Fresh from the oven, lah, pokoknya.
ADVERTISEMENT
Tapi ternyata, ada beberapa makanan yang malah lebih enak saat disimpan dalam kulkas, dan baru dimakan sehari setelahnya. Intensitas bumbu yang dipakai jadi meningkat, begitu pun kompleksitas teksturnya. Setelah dihangatkan kembali, rasanya malah jadi lebih nikmat ketimbang saat pertama kali selesai dimasak.
Makanan apa saja, sih? Berikut telah kumparan rangkum lima makanan sisa yang bercita rasa nikmat:
1. Makanan yang mengandung rempah-rempah
Ilustrasi gulai ayam.
Ilustrasi gulai ayam. Foto: Pixabay
Berbagai rempah seperti bawang putih, bawang merah, serta merica akan bereaksi saat dimasak bersama protein dan karbohidrat, bahkan saat mereka disimpan di dalam kulkas semalaman.
Hal inilah yang membuat makanan dengan kandungan rempah-rempah; seperti kari atau gulai terasa lebih lezat saat disantap keesokan harinya. Saat dipanaskan kembali, komponen rempah-rempah akan terus memecah, menciptakan hidangan yang kompleks dan kaya rasa.
ADVERTISEMENT
2. Daging
Beef rendang di Neptune Palace.
Beef rendang di Neptune Palace. Foto: Toshiko/kumparan
Daging yang dipadukan dengan saus atau kuah akan terasa lebih nikmat saat disantap keesokan harinya. Sebab, saat hidangan rebusan jadi dingin, komponen yang bertekstur seperti agar-agar (misalnya kolagen, atau bagian urat) yang telah meleleh saat dimasak, akan membentuk gel di bagian dalam dan sekitar potongan daging.
Hasilnya, cita rasa dari balutan bumbu pun terperangkap dalam gel tersebut. Selain itu, merendam daging dalam minyak dan rempah-rempah akan membuatnya terasa lebih empuk.
Coba saja simpan rendang di dalam kulkas semalaman, dan hangatkan lagi keesokan harinya, pasti teksturnya jadi makin empuk.
3. Pai buah
Pie buah
Pie buah
Dessert yang satu ini juga ternyata akan terasa lebih enak saat disantap sehari setelahnya, lho. Pasalnya, buah-buahan yang dimasak akan mengeluarkan semacam jus yang bercita rasa manis dan nikmat.
ADVERTISEMENT
Ketika pai sudah dingin, cairan jus tersebut juga akan ikut mengeras, sehingga menciptakan konsistensi yang lebih kental.
4. Salad dengan dressing mayones
Ilustrasi salad
Ilustrasi salad Foto: Shutter Stock
Dilansir The Daily Meal, salad yang dikombinasikan dengan saus mayones juga memiliki cita rasa lebih nikmat usai disimpan di dalam kulkas. Setelah seluruh bahan-bahan salad didiamkan semalaman di dalam kulkas, mayones akan menyerap rasa dari campuran isian, menghasilkan perpaduan rasa yang pas dan lebih nikmat.
5. Lasagna
Beef lasagna di Mangiamo
Beef lasagna di Mangiamo Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Lasagna adalah salah satu hidangan sisa yang sempurna. Saus berbasis tomat yang jadi isiannya akan memiliki waktu untuk mengendap ketika ia disimpan semalaman.
Dengan begitu, konsistensinya akan lebih tak berair dan mudah hancur, bahkan ketika dipanaskan kembali. Dengan mendiamkannya, saus lasagna juga akan makin meresap, dan membuat cita rasanya bertambah nikmat.
ADVERTISEMENT
Meski diklaim lebih enak, tapi jangan lupa untuk selalu menyimpannya dengan benar. Masukkan makanan sisa ke dalam wadah kedap udara, dan simpan di dalam kulkas, ya supaya tak terkontaminasi bakteri penyebab penyakit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white