kumparan
search-gray
Food & Travel18 Desember 2019 7:33

5 Makanan Tak Biasa yang Sering Dibekukan oleh Chef Dunia

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi garlic bread
Ilustrasi garlic bread Foto: Unsplash
Bakanan apa yang sering kamu simpan di freezer? Ikan, daging, atau sayuran beku? Untuk menyimpan makanan agar lebih tahan lama, freezer memang kerap menjadi pilihan.
ADVERTISEMENT
Namun, pernahkah kamu terpikir untuk menyimpan dan membekukan bumbu kaldu, atau bahkan mi? Meski terdengar aneh dan tak biasa, beberapa chef ternama di dunia justru sering menyimpan makanan-makanan tersebut di dalam freezer, lho.
Selain kuah kaldu, masih ada beberapa jenis makanan lainnya yang agak aneh kalau disimpan dalam freezer, tapi dilakukan oleh para chef. Apa saja?
1. Garlic bread
Ilustrasi garlic bread
Ilustrasi garlic bread Foto: Pixabay
Donatella Arpaia, chef, pengusaha restoran, dan juri di The Food Network's Iron Chef America, serta The Next Iron Chef ini kerap menyimpan garlic bread di freezer. Hanya dengan memanaskannya sebentar di oven, tekstur dan kerenyahannya bisa kembali terasa. Kita pun bisa menikmatinya sebagai pelengkap hidangan tanpa ribet.
2. don
Ilustrasi Udon
Ilustrasi Udon Foto: Shutterstock/Funny face
on jadi salah satu makanan yang paling sering disimpan dalam freezer oleh Danny Ganem, executive chef dari Betsy Hotel South Beach di Florida, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Di pasaran, sudah banyak tersedia don kemasan yang siap olah. Setelah dibekukan, kita tinggal merebusnya, dan menambahkan kaldu dengan berbagai campuran sesuai selera; seperti potongan daging, kucai, daun bawang, dan kecap asin.
3. Daun jeruk dan kacang-kacangan
Kacang-kacangan
Kacang-kacangan Foto: Thinkstock
Koki, pengusaha restoran, dan tokoh televisi Janine Booth seringkali membeli daun jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian, lalu menyimpannya di freezer.
Menurut Janine, kacang-kacangan dan biji-bijian yang diletakkan dalam freezer, bisa mencegah kandungan minyaknya supaya tidak berbau tengik, dan menurunkan cita rasanya.
4. Bumbu kaldu
Ilustrasi kaldu ayam
Ilustrasi kaldu ayam Foto: Thinkstock
Membekukan bumbu kaldu jadi salah satu trik Amy Mehrtens, chef de cuisine restoran Copper Vine di Los Angeles untuk mempersingkat waktu memasak. Kaldu yang sudah matang dituangkan ke cetakan es, lalu disimpan dalam freezer. Dengan begitu, kaldu bisa langsung dipanaskan kembali dan dicampur dengan makanan, kapan pun kita membutuhkannya.
ADVERTISEMENT
5. Keripik jagung
Ilustrasi keripik jagung
Ilustrasi keripik jagung Foto: Pixabay
Ternyata, salah satu makanan ter-absurd yang pernah disimpan dalam freezer oleh chef adalah camilan keripik jagung.
Dilansir Food and Wine, PJ Calapa, pemilik dan chef dari restoran Spaniard, Scampi, dan Paloma di Amerika Serikat selalu menyimpan camilan keripik jagungnya di kotak es semasa masih kanak-kanak.
Menurutnya, menyimpan keripik jagung dalam kotak es membuat teksturnya jadi lebih renyah, dan menciptakan sensasi dingin yang nikmat.
Kalau kamu, pernah menyimpan bahan makanan yang tak biasa di dalam freezer juga kah?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white