kumparan
10 Oktober 2018 20:46

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ilustrasi makan cokelat (Foto: Shutter Stock)
Apakah kamu salah satu orang yang memiliki kebiasaan makan sebelum tidur? Jika ya, kamu harus lebih berhati-hati soalnya ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur.
ADVERTISEMENT
Saat tidur, semua organ tubuh fokus untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Termasuk sistem pencernaan kita. Sehingga, selain berisiko menaikkan berat badan, makan terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Meski tidak dianjurkan untuk makan terlalu dekat dengan waktu tidur, bukan berarti kamu harus tidur dengan rasa lapar. Nah, jika kamu merasa lapar di malam hari, pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan-makanan berikut seperti dikutip dari Business Insider ya:
1. Gorengan
com-Gorengan (Foto: Thinkstock)
Makanan pertama yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur adalah makanan berminyak seperti gorengan. Menurut pakar dan spesialis perilaku tidur, Richard Shane, makanan ini akan melewati sistem pencernaan lebih lambat dibanding protein dan karbohidrat. Sehingga, jika kamu tetap mengkonsumsinya, sistem pencernaanmu akan sulit untuk bekerja meski kamu mencoba untuk tidur.
ADVERTISEMENT
"Kamu tidak ingin sistem pencernaanmu bekerja keras ketika seluruh tubuh kamu mencoba untuk tidur, kan?" lanjut Shane kepada Business Insider.
2. Makanan pedas
Hindari makanan pedas untuk mencegah bibir kering (Foto: Thinkstock)
Siapa yang tidak tergoda menyantap mi ditambah telur rebus dan potongan cabai atau sambal? Meski terlihat lezat, tetapi makanan ini tidak disarankan karena akan menganggu pencernaan dan menyebabkan kamu tidak bisa tidur pulas.
Menurut Shane, capsaicin yang terkandung dalam cabai dapat menganggu tidur karena mempengaruhi perubahan suhu tubuh.
3. Cokelat
Ilustrasi cokelat. (Foto: Thinkstock)
Meski makanan ini mampu membuatmu bahagia, faktanya memakan cokelat sebelum tidur mampu membuat kamu tetap terjaga semalaman. Ya, satu ons cokelat (sekitar tiga kotak ) mengandung sekitar 23 miligram kafein. Kafein ini akan membuat kamu cenderung lebih berenergi, ketimbang mengantuk. Bahkan, cokelat juga mengandung theobromine, salah satu stimulan yang akan membuat kamu tetap terjaga, sehingga kamu akan susah tidur.
ADVERTISEMENT
4. Alkohol
Alkohol (Foto: Thinkstock)
Jika kamu berpikir meminum alkohol sebelum tidur dapat membuat tidurmu nyenyak, kamu salah besar. Sebaliknya, mengkonsumsi alkohol akan membuat kamu sulit untuk tidur.
"Saat kamu menyentuh bantal, jantung kamu akan berdetak lebih cepat. Bahkan, ketika kamu keluar dari alam mimpi pun, jantung kamu akan berdebar dan membuat kamu untuk sulit tidur kembali," lanjut Shane.
5. Kopi
Cara minum kopi yang lebih sehat. (Foto: Thinkstock)
Banyak orang beranggapan jika meminum kopi sebelum tidur merupakan pilihan terbaik untuk mengakhiri aktivitas seharian. Namun, pilihan tersebut nampaknya kurang baik, soalnya meminum kopi sebelum tidur akan meningkatkan denyut jantung dan membuat kamu cemas serta gelisah. Tak hanya itu, kamu juga akan kesulitan untuk tidur.
"Lebih baik, minumlah kopi di sore hari sambil mengobrol bersama teman-teman," tutup Shane.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan